This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

Kamis, 28 Juli 2022

7 Dampak Harta Haram, Salah Satunya Doa Sulit Terkabul

Ilustrasi : 7 Dampak Harta Haram, Salah Satunya Doa Sulit Terkabul

Islam telah mengatur segala urusan manusia dengan lengkap dan terperinci, termasuk di dalamnya soal harta. Umat Islam diperintahkan untuk mencari harta atau rezeki dengan cara-cara yang baik sesuai yang telah diatur dalam Al Quran maupun hadist. Namun hingga saat ini masih banyak umat Islam yang mencari rezeki, asalkan dapat, dan tidak peduli halal dan haramnya. Padahal, harta haram memiliki banyak dampak buruk bagi kehidupan salah satunya doa sulit dikabulkan oleh Allah SWT.

Naskah khutbah Jumat tentang 7 dampak harta haram ini dapat dijadikan referensi oleh khotib sebagai media pengingat jamaah untuk tidak sembarangan dalam mencari rezeki, harus sesuai dengan syariat Islam. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, yang memerintahkan kita untuk terus bertakwa kepada-Nya. Pada hari Jumat penuh berkah ini, kita diperintahkan bershalawat kepada Nabi akhir zaman, Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ada hadits yang menunjukkan keutamaan bershalawat kepada beliau. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim, no. 408)

Di antara adab khutbah Jumat adalah menghindarkan bau mulut yang tidak enak ketika masuk masjid.

Dari ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu, bahwa ia pernah berkhutbah pada hari Jumat. Ia berkata di dalam khutbahnya,

ثُمَّ إنَّكُمْ أيُّهَا النَّاسُ تَأكُلُونَ شَجَرتَيْنِ مَا أرَاهُمَا إِلاَّ خَبِيثَتَيْن : البَصَلَ ، وَالثُّومَ . لَقَدْ رَأَيْتُ رسولَ الله – صلى الله عليه وسلم – ، إِذَا وَجدَ ريحَهُمَا مِنَ الرَّجُلِ في المَسْجِدِ أَمَرَ بِهِ ، فَأُخْرِجَ إِلَى البَقِيعِ ، فَمَنْ أكَلَهُمَا ، فَلْيُمِتْهُمَا طَبْخاً

“Kemudian sesungguhnya kalian, wahai manusia, kalian suka memakan dua pohon yang aku tidak melihatnya melainkan mengandung bau yang tidak menyedapkan, yaitu bawang merah dan bawang putih. Padahal sungguh aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila mendapatkan bau keduanya dari seseorang di dalam masjid, beliau memerintahkan agar orang tersebut dikeluarkan ke Baqi’. Oleh karena itu, barangsiapa yang memakannya, hendaklah menghilangkan baunya dengan dimasak.” (HR. Muslim, no. 567)

Itulah salah satu adab pula ketika menghadiri shalat Jumat hendaklah menghilangkan bau mulut yang tidak enak. Di antara bentuknya di zaman ini adalah bau mulut karena rokok, maka baiknya jamaah bapak-bapak tidak mengisap rokok ketika berangkat dari rumah menuju masjid sehingga hadits dari Umar di atas bisa diamalkan, moga Allah beri taufik dan hidayah.

Kita diperintahkan untuk memakan yang halal dan menjauhi yang haram sebagaimana dalam doa yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

اللَّهُمَّ اكْفِني بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ ، وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

ALLOHUMMAK FINII BI HALAALIKA ‘AN HAROOMIK WA AGNINII BI FADHLIKA ‘AMMAN SIWAAK.

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi, no. 3563; Ahmad, 1:153; dan Al-Hakim, 1:538; hasan menurut At-Tirmidzi, Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilaliy menyetujui hasannya hadits ini sebagaimana dalam Bahjah An-Nazhirin Syarh Riyadh Ash-Shalihin, 2:509-510).

Dan ingat rezeki yang halal walau sedikit itu pasti lebih berkah. Abul ‘Abbas Ahmad bin ‘Abdul Halim bin Taimiyyah Al-Harrani (Wafat: 728 H) rahimahullah pernah berkata,

وَالْقَلِيلُ مِنْ الْحَلَالِ يُبَارَكُ فِيهِ وَالْحَرَامُ الْكَثِيرُ يَذْهَبُ وَيَمْحَقُهُ اللَّهُ تَعَالَى

“Sedikit dari yang halal itu lebih bawa berkah di dalamnya. Sedangkan yang haram yang jumlahnya banyak hanya cepat hilang dan Allah akan menghancurkannya.” (Majmu’ah Al-Fatawa, 28:646). Dalam mencari rezeki, kebanyakan kita mencarinya asalkan dapat, namun tidak peduli halal dan haramnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jauh-jauh hari sudah mengatakan,

لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لاَ يُبَالِى الْمَرْءُ بِمَا أَخَذَ الْمَالَ ، أَمِنْ حَلاَلٍ أَمْ مِنْ حَرَامٍ

“Akan datang suatu zaman di mana manusia tidak lagi peduli dari mana mereka mendapatkan harta, apakah dari usaha yang halal atau yang haram.” (HR. Bukhari no. 2083, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu). Akhirnya ada yang jadi budak dunia. Pokoknya dunia diperoleh tanpa pernah peduli aturan. Inilah mereka yang disebut dalam hadits,

تَعِسَ عَبْدُ الدِّينَارِ وَالدِّرْهَمِ وَالْقَطِيفَةِ وَالْخَمِيصَةِ ، إِنْ أُعْطِىَ رَضِىَ ، وَإِنْ لَمْ يُعْطَ لَمْ يَرْضَ

“Celakalah wahai budak dinar, dirham, qothifah (pakaian yang memiliki beludru), khomishoh (pakaian berwarna hitam dan ada bintik-bintik merah). Jika ia diberi, maka ia rida. Jika ia tidak diberi, maka ia tidak rida.” (HR. Bukhari, no. 2886, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu).

Lantas Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan,

وَهَذَا هُوَ عَبْدُ هَذِهِ الْأُمُورِ فَلَوْ طَلَبَهَا مِنْ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ إذَا أَعْطَاهُ إيَّاهَا رَضِيَ ؛ وَإِذَا مَنَعَهُ إيَّاهَا سَخِطَ وَإِنَّمَا عَبْدُ اللَّهِ مَنْ يُرْضِيهِ مَا يُرْضِي اللَّهَ ؛ وَيُسْخِطُهُ مَا يُسْخِطُ اللَّهَ ؛ وَيُحِبُّ مَا أَحَبَّهُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَيُبْغِضُ مَا أَبْغَضَهُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ

“Inilah yang namanya budak harta-harta tadi. Jika ia memintanya dari Allah dan Allah memberinya, ia pun rida. Namun ketika Allah tidak memberinya, ia pun murka. ‘Abdullah (hamba Allah) adalah orang yang rida terhadap apa yang Allah ridai, dan ia murka terhadap apa yang Allah murkai, cinta terhadap apa yang Allah dan Rasul-nya cintai serta benci terhadap apa yang Allah dan Rasul-Nya benci.” (Majmu’ah Al-Fatawa, 10:190). Ada pula yang masih peka hatinya namun kurang mendalami halal dan haram. Yang kedua ini disuruh untuk belajar muamalah terkait hal halal dan haram.

‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu pernah mengatakan,

مَنْ اتَّجَرَ قَبْلَ أَنْ يَتَفَقَّهَ ارْتَطَمَ فِي الرِّبَا ثُمَّ ارْتَطَمَ ثُمَّ ارْتَطَمَ

“Barangsiapa yang berdagang namun belum memahami ilmu agama, maka dia pasti akan terjerumus dalam riba, kemudian dia akan terjerumus ke dalamnya dan terus menerus terjerumus.”

‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu juga mengatakan,

لَا يَتَّجِرْ فِي سُوقِنَا إلَّا مَنْ فَقِهَ أَكْلَ الرِّبَا

“Janganlah seseorang berdagang di pasar kami sampai dia paham betul mengenai seluk beluk riba.” (Lihat Mughni Al-Muhtaj, 6:310)

Kalau halal-haram tidak diperhatikan dampaknya begitu luar biasa. Kali ini kita akan lihat apa saja dampak dari harta haram.

Pertama: Memakan harta haram berarti mendurhakai Allah dan mengikuti langkah setan.

Dalam surah Al-Baqarah disebutkan,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 168)

Kedua: Akan membuat kurang semangat dalam beramal saleh

Dalam ayat disebutkan,

يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

“Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang thayyib (yang baik), dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mu’minun: 51). Yang dimaksud dengan makan yang thayyib di sini adalah makan yang halal sebagaimana disebutkan oleh Sa’id bin Jubair dan Adh-Dhahak. Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim karya Ibnu Katsir, 5:462.

Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Allah Ta’ala pada ayat ini memerintahkan para rasul ‘alaihimush sholaatu was salaam untuk memakan makanan yang halal dan beramal saleh. Penyandingan dua perintah ini adalah isyarat bahwa makanan halal adalah yang menyemangati melakukan amal saleh.” (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 5:462).

Ketiga: Memakan harta haram adalah kebiasaan buruk orang Yahudi.

Sebagaimana dimaksudkan dalam ayat berikut tentang kebiasaan mereka memakan riba,

فَبِظُلْمٍ مِنَ الَّذِينَ هَادُوا حَرَّمْنَا عَلَيْهِمْ طَيِّبَاتٍ أُحِلَّتْ لَهُمْ وَبِصَدِّهِمْ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ كَثِيرً, وَأَخْذِهِمُ الرِّبَا وَقَدْ نُهُوا عَنْهُ وَأَكْلِهِمْ أَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ ۚ وَأَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ مِنْهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا

“Maka disebabkan kezaliman orang-orang Yahudi, Kami haramkan atas (memakan makanan) yang baik-baik (yang dahulunya) dihalalkan bagi mereka, dan karena mereka banyak menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Dan disebabkan mereka memakan riba, Padahal Sesungguhnya mereka telah dilarang dari padanya, dan karena mereka memakan harta benda orang dengan jalan yang batil. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih.” (QS. An-Nisaa’: 160-161)

Ibnu Katsir mengatakan bahwa Allah telah melarang riba pada kaum Yahudi, namun mereka menerjangnya dan mereka memakan riba tersebut. Mereka pun melakukan pengelabuan untuk bisa menerjang riba. Itulah yang dilakukan mereka memakan harta manusia dengan cara yang batil. (Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 3: 273)

Siapa yang mengambil riba bahkan melakukan tipu daya dan akal-akalan supaya riba itu menjadi halal, berarti ia telah mengikuti jejak kaum Yahudi. Dan inilah yang sudah diisyaratkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Keempat: Badan yang tumbuh dari harta yang haram akan berhak disentuh api neraka.

Yang pernah dinasihati oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada Ka’ab,

يَا كَعْبُ بْنَ عُجْرَةَ إِنَّهُ لاَ يَرْبُو لَحْمٌ نَبَتَ مِنْ سُحْتٍ إِلاَّ كَانَتِ النَّارُ أَوْلَى بِهِ

“Wahai Ka’ab bin ‘Ujroh, sesungguhnya daging badan yang tumbuh berkembang dari sesuatu yang haram akan berhak dibakar dalam api neraka.” (HR. Tirmidzi, no. 614. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Kelima: Doa sulit dikabulkan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّباً، وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ المُؤْمِنِيْنَ بِمَا أَمَرَ بِهِ المُرْسَلِيْنَ فَقَالَ {يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوْا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا} وَقَالَ تَعَالَى {يَا أَيُّهَا الذِّيْنَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ} ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيْلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ: يَا رَبِّ يَا رَبِّ، وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌوَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِيَ بِالحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لَه

"Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (thayyib), tidak menerima kecuali yang baik (thayyib). Dan sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kaum mukminin seperti apa yang diperintahkan kepada para Rasul. Allah Ta’ala berfirman, ‘Wahai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal shalih.’ (QS. Al-Mu’minun: 51). Dan Allah Ta’ala berfirman, ‘Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepadamu.’ (QS. Al-Baqarah: 172). Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan seseorang yang lama bepergian; rambutnya kusut, berdebu, dan menengadahkan kedua tangannya ke langit, lantas berkata, ‘Wahai Rabbku, wahai Rabbku.’ Padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan ia dikenyangkan dari yang haram, bagaimana mungkin doanya bisa terkabul.” (HR. Muslim, no. 1015)

Empat sebab terkabulnya doa sudah ada pada orang ini yaitu:

  1. Keadaan dalam perjalanan jauh (safar).
  2. Meminta dalam keadaan sangat butuh (genting).
  3. Menengadahkan tangan ke langit.
  4. Memanggil Allah dengan panggilan “Yaa Rabbii” (wahai Rabb-ku) atau memuji Allah dengan menyebut nama dan sifat-Nya, misalnya: “Yaa Dzal Jalaali wal Ikraam” (wahai Rabb yang memiliki keagungan dan kemuliaan), “Yaa Mujiibas Saa’iliin” (wahai Rabb yang Mengabulkan doa orang yang meminta kepada-Mu), dan lain-lain.

Keenam: Harta haram membuat kaum muslimin jadi mundur dan hina

Dalam hadits disebutkan,

إِذَا تَبَايَعْتُمْ بِالْعِينَةِ وَأَخَذْتُمْ أَذْنَابَ الْبَقَرِ وَرَضِيتُمْ بِالزَّرْعِ وَتَرَكْتُمُ الْجِهَادَ سَلَّطَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ ذُلاًّ لاَ يَنْزِعُهُ حَتَّى تَرْجِعُوا إِلَى دِينِكُمْ

“Jika kalian berjual beli dengan cara ‘inah (salah satu transaksi riba), mengikuti ekor sapi (maksudnya: sibuk dengan peternakan), ridha dengan bercocok tanam (maksudnya: sibuk dengan pertanian) dan meninggalkan jihad (yang saat itu fardhu ‘ain), maka Allah akan menguasakan kehinaan atas kalian. Allah tidak akan mencabutnya dari kalian hingga kalian kembali kepada agama kalian.” (HR. Abu Daud, no. 3462. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih. Lihat ‘Aunul Ma’bud, 9:242).

Ketujuh: Karena harta haram banyak musibah dan bencana terjadi

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا ظَهَرَ الزِّناَ وَالرِّبَا فِي قَرْيَةٍ فَقَدْ أَحَلُّوْا بِأَنْفُسِهِمْ عَذَابَ اللهِ

“Apabila telah marak perzinaan dan praktek ribawi di suatu negeri, maka sungguh penduduk negeri tersebut telah menghalalkan diri mereka untuk diadzab oleh Allah.” (HR. Al-Hakim. Beliau mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Imam Adz-Dzahabi mengatakan, hadits ini shahih. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan lighoirihi sebagaimana disebut dalam Shahih At-Targhib wa Tarhib, no. 1859)

Uang haram adalah uang yang didapat dengan cara haram atau tidak halal serta tidak diridhoi Allah SWT. Cara mendapat uang haram misalnya, meminjam dengan bunga atau riba, korupsi, menipu, mencuri, merampok atapun lewat jalan pesugihan. Semua upaya mendapat uang haram sangat dibenci Allah SWT. Mereka yang memakan uang haram akan mendapat murka Allah SWT.

Uang haram adalah uang yang didapat dengan cara haram atau tidak halal serta tidak diridhoi Allah SWT. Cara mendapat uang haram misalnya, meminjam dengan bunga atau riba, korupsi, menipu, mencuri, merampok atapun lewat jalan pesugihan. Semua upaya mendapat uang haram sangat dibenci Allah SWT. Mereka yang memakan uang haram akan mendapat murka Allah SWT. Uang haram sangat berbahaya dan memberi dampak buruk bagi diri sendiri dan juga keluarga.

Tak hanya di dunia, dampak uang haram juga akan dibawa sampai ke kehidupan di akhirat kelak. Sayangnya, di masa sekarang uang haram sepertinya tak lagi menjadi tabu bagi banyak orang. Buktinya, praktik riba, korupsi, ataupun merampok banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Orang rela mengejar uang haram karena takut susah atau miskin. Mereka mengejar cara cepat untuk mendapat kekayaan. Padahal uang haram sama sekali tidak akan menyelamatkannya. Justru sebaliknya, bahaya untuk kehidupannya dunia akhirat. Setan akan selalu menggoda dan memudahkan manusia dalam mendapatkan uang haram. Sayangnya, banyak manusia terjebak bujuk rayu setan. Ustadz Khalid Basalamah” begini penjelasan mengenai bahaya uang haram tersebut. Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, banyak orang lebih memilih mendapat uang haram sebagai solusi hidupnya

Nanti dengan uang haram tersebut, dia sedekahkan untuk orang yang membutuhkan. Cara ini sama sekali tidak dibenarkan. Menolak harta haram kecil maupun besar itu jauh lebih utama daripada berinfak dengan jumlah besar tapi tidak jelas kehalalan sumber hartanya.

Abdullah bin Umar RA, sahabat Nabi berkata:  “Sungguh menolak seperenam dirham dari keharaman adalah lebih baik daripada 100 ribu dirham yang dinafkahkan di jalan Allah SWT.” Ustadz Khalid Basalamah menyebutkan ada 5 bahaya uang haram:

Tidak Dikabulkannya Doa

Bahaya uang haram yang pertama adalah menjadi penyebab tidak dikabulkannya doa oleh Allah SWT. “Wahab bin Munabbih berkata, Barang siapa yang ingin doanya dikabulkan Allah SWT, maka hendaklah ia memperbaiki makanannya,” kata Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan. Menyusahkan Hati Dan Hidup Anda. Bahaya uang haram yang kedua adakah menciptakan kegelisahan hati dan kegundahan terus menerus dalam menjalani kehidupan. Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, kalau anda sampai saat ini masih merasakan gelisah dan gundah, ini bisa jadi datang dari uang haram.

“Dan tidak ada yang bisa melebihi kegundahan dan kegelisahan melebihi harta (uang) haram,” tutur Ustadz Khalid Basalamah. Bahaya uang haram berikutnya  adalah akan merusak hati seseorang. Jika terus memakan uang haram maka menimbulkan penyakit kronis dalam tubuhnya. “Ulama mengatakan stres yang sangat tinggi membuat pelaku riba seperti orang gila karena terus memikirkan bunga yang harus dia bayar,” kata Ustadz Khalid Basalamah.

Rasulullah SAW bersabda:

Sesungguhnya daging yang tumbuh dari harta yang haram, maka neraka lebih pantas baginya.” (HR. Thabrani). Kemudian sahabat Rasulullah SAW, Sa’ad bin Abi Waqqash RA mengatakan: “Tidaklah aku mengangkat satu suap ke mulutku, melainkan aku dalam keadaan mengetahui pasti dari manakah datangnya, dan dari mana keluarnya”

4. Melahirkan Generasi Yang Akan Menyusahkan

Bahaya uang haram yang ini benar-benar harus direnungi. Karena apa yang kita makan dari uang haram akan melahirkan generasi rusak yang menyusahkan. “Berapa banyak orang kaya, rumahnya mewah, mobilnya mewah, kaya raya semuanya bisa dipuji oleh manusia, tapi sumber harta (uang) haram. Ternyata lahir anak yang jadi pembunuh bagi dia, di saat anak itu sudah dewasa, dia menyusahkannya,” ujar Ustadz Khalid Basalamah.

5. Mendapat Azab Yang Pedih Dari Allah SWT

Barangsiapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barangsiapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.” Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, banyak diantara muslimin yang mencoba mencari alasan untuk membenarkan uang haram supaya menjadi halal. “Dan ini sebenarnya sifat kaum yahudi. Dan kita tidak boleh seperti mereka. Haram dalam Islam, adalah haram yang tidak akan berubah sampai hari kiamat. Dan kita disuruh pelajari untuk menjauhi,” kata Ustadz Khalid Basalamah.

Itulah 5 bahaya uang haram, hindari betul-betul agar kita dan keluarga selamat dunia akhirat dan tidak mendapat murka Allah SWT. Bahaya uang haram yang terakhir dan yang paling mengerikan adalah akan mendatangkan azab yang sangat pedih dari Allah SWT pada hari kiamat. Allah SWT menyebutkan, masalah riba dalam surat Al Baqarah ayat 275:

“Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

Efek harta haram yang disampaikan Rasulullah SAW kepada Ali bin Abi Thalib:          

1. Syubhat berakibat pada terkontaminasinya agama dan gelap hatinya 

يا علي، من اكل الشبها ت اشتبه عليه دينه واظلم قلبه ومن اكل الحرام مات قلبه وخف دينه وضعف يقينه و حجب الله دعوته وقلت عبادته

“ Wahai Ali, barang siapa yang makan makanan syubhat, maka agamanya akan syubhat dan hatinya akan menjadi gelap (maksudnya orang yang makan syubhat hatinya tidak akan bisa menerima nasihat agama sehingga gelap hatinya). Dan barang siapa yang makan makanan haram maka akan mati hatinya, ringan agamanya (menyepelekan agama), lemah keyakinannya, doanya akan terhalang dan sedikit ibadahnya.”

2. Harta haram bisa memicu murka Allah SWT 

يا علي، اذا غضب الله على احد رزقه مالا حراما. فاذل اشتد غضبه عليه وكل به شيطانا. يبارك له فيه ويصحبه ويشغله بالدنيا عن الدن. ويسهل له امور دنياه ويقول: الله غفور رحيم

“Wahai Ali, Jika Allah marah kepada seseorang maka Allah akan memberinya rezeki yang haram. Dan ketika Allah semakin marah kepada seseorang hamba maka Allah akan mewakilkan (memberi kuasa) kepada setan untuk menambah rezekinya dan menemaninya, menyibukannya dengan dunia  serta melupakan agama. Memudahkan urusan dunianya dan setan berkata (menggoda dengan kalimat): Allah Mahapengampun dan Mahapenyayang.”  

3. Setan akan senantiasa membuntutinya 

ياعلي ماسافر احد طالبا الحرام ماشيا الا كان الشيطان قرينه، ولاراكبا الا كان رديفه، ولا جمع احد ما لا حراما الا اكله الشيطان. ولا نسى احد اسم الله تعالى عند الجماع الا شاركه الشيطان في ولده. وذلك قوله تعالى: وشاركهم في الاموال والاولاد وعدهم. الاسراء: ٦٤

“Wahai Ali, tidaklah seseorang berjalan kaki untuk mencuri perkara yang haram, kecuali setan akan menemaninya Jika ia berkendara maka setan akan mengikutinya. Dan tidaklah seseorang mengumpulkan harta haram, kecuali setan ikut memakannya. Dan jika lupa menyebut nama Allah ketika berhubungan suami istri, maka setan akan menemani anak-anaknya. Sebagaimana firman Allah pada surat Al Isra ayat 64:

  وشاركهم في الاموال والاولاد وعدهم “Dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah (janji palsu) mereka.”

4. Harta haram bisa menghentikan keberkahan dalam agama 

يا على، لا يزال المؤمن في زيادة في دينه مالم ياكل الحرام. ومن فارق العلما ء مات قلبه وعمى عن طاعة الله تعالى

“Wahai ali orang mukmin akan selalu bertambah (kuat) agamanya selama ia tidak memakan yang haram. Dan barangsiapa meninggalkan (menjauhi) ulama, maka hatinya akan mati, dan buta dalam melaksanakan taat kepada Allah.”    

5. Bacaan Alquran pemakan harta haram tak akan berdampak apapun bagi dirinya

ياعلى، من قرا القران ولم يحل حلاله ولم يحرم حرامه كان من الين  نبذوا كتاب الله وراء ظهورهم ghalalkan apa yang dihalalkan dalam Alquran dan tidak mengharamkan apa yang diharamkan dalam Alquran maka orang tersebut termasuk orang-orang yang melemparkan kitab Allah (Alquran) ke belakang punggungnya.”   















5 Bahaya Harta/Uang Haram, Merusak Diri dan Keluarga

Uang haram adalah uang yang didapat dengan cara haram atau tidak halal serta tidak diridhoi Allah SWT. Cara mendapat uang haram misalnya, meminjam dengan bunga atau riba, korupsi, menipu, mencuri, merampok atapun lewat jalan pesugihan. Semua upaya mendapat uang haram sangat dibenci Allah SWT. Mereka yang memakan uang haram akan mendapat murka Allah SWT. Uang haram adalah uang yang didapat dengan cara haram atau tidak halal serta tidak diridhoi Allah SWT.

Cara mendapat uang haram misalnya, meminjam dengan bunga atau riba, korupsi, menipu, mencuri, merampok atapun lewat jalan pesugihan. Semua upaya mendapat uang haram sangat dibenci Allah SWT. Mereka yang memakan uang haram akan mendapat murka Allah SWT. Uang haram sangat berbahaya dan memberi dampak buruk bagi diri sendiri dan juga keluarga. Tak hanya di dunia, dampak uang haram juga akan dibawa sampai ke kehidupan di akhirat kelak.

Sayangnya, di masa sekarang uang haram sepertinya tak lagi menjadi tabu bagi banyak orang. Buktinya, praktik riba, korupsi, ataupun merampok banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Orang rela mengejar uang haram karena takut susah atau miskin. Mereka mengejar cara cepat untuk mendapat kekayaan. Padahal uang haram sama sekali tidak akan menyelamatkannya. Justru sebaliknya, bahaya untuk kehidupannya dunia akhirat. Setan akan selalu menggoda dan memudahkan manusia dalam mendapatkan uang haram. Sayangnya, banyak manusia terjebak bujuk rayu setan.

Ustadz Khalid Basalamah” begini penjelasan mengenai bahaya uang haram tersebut. Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, banyak orang lebih memilih mendapat uang haram sebagai solusi hidupnya. Nanti dengan uang haram tersebut, dia sedekahkan untuk orang yang membutuhkan. Cara ini sama sekali tidak dibenarkan.

Menolak harta haram kecil maupun besar itu jauh lebih utama daripada berinfak dengan jumlah besar tapi tidak jelas kehalalan sumber hartanya. Abdullah bin Umar RA, sahabat Nabi berkata:  “Sungguh menolak seperenam dirham dari keharaman adalah lebih baik daripada 100 ribu dirham yang dinafkahkan di jalan Allah SWT.”

Ustadz Khalid Basalamah menyebutkan ada 5 bahaya uang haram:

1. Tidak Dikabulkannya Doa

Bahaya uang haram yang pertama adalah menjadi penyebab tidak dikabulkannya doa oleh Allah SWT.

“Wahab bin Munabbih berkata, Barang siapa yang ingin doanya dikabulkan Allah SWT, maka hendaklah ia memperbaiki makanannya,” kata Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan.

2. Menyusahkan Hati Dan Hidup Anda

Bahaya uang haram yang kedua adakah menciptakan kegelisahan hati dan kegundahan terus menerus dalam menjalani kehidupan.

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, kalau anda sampai saat ini masih merasakan gelisah dan gundah, ini bisa jadi datang dari uang haram.

“Dan tidak ada yang bisa melebihi kegundahan dan kegelisahan melebihi harta (uang) haram,” tutur Ustadz Khalid Basalamah.

3. Merusak hati seseorang.

adalah akan merusak hati seseorang. Jika terus memakan uang haram maka menimbulkan penyakit kronis dalam tubuhnya.

“Ulama mengatakan stres yang sangat tinggi membuat pelaku riba seperti orang gila karena terus memikirkan bunga yang harus dia bayar,” kata Ustadz Khalid Basalamah.

Rasulullah SAW bersabda:

Sesungguhnya daging yang tumbuh dari harta yang haram, maka neraka lebih pantas baginya.” (HR. Thabrani)

Kemudian sahabat Rasulullah SAW, Sa’ad bin Abi Waqqash RA mengatakan:

“Tidaklah aku mengangkat satu suap ke mulutku, melainkan aku dalam keadaan mengetahui pasti dari manakah datangnya, dan dari mana keluarnya”

4. Melahirkan Generasi Yang Akan Menyusahkan

Bahaya uang haram yang ini benar-benar harus direnungi. Karena apa yang kita makan dari uang haram akan melahirkan generasi rusak yang menyusahkan.

“Berapa banyak orang kaya, rumahnya mewah, mobilnya mewah, kaya raya semuanya bisa dipuji oleh manusia, tapi sumber harta (uang) haram. Ternyata lahir anak yang jadi pembunuh bagi dia, di saat anak itu sudah dewasa, dia menyusahkannya,” ujar Ustadz Khalid Basalamah.

5. Mendapat Azab Yang Pedih Dari Allah SWT

Barangsiapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barangsiapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.”

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, banyak diantara muslimin yang mencoba mencari alasan untuk membenarkan uang haram supaya menjadi halal.

“Dan ini sebenarnya sifat kaum yahudi. Dan kita tidak boleh seperti mereka. Haram dalam Islam, adalah haram yang tidak akan berubah sampai hari kiamat. Dan kita disuruh pelajari untuk menjauhi,” kata Ustadz Khalid Basalamah.

Itulah 5 bahaya uang haram, hindari betul-betul agar kita dan keluarga selamat dunia akhirat dan tidak mendapat murka Allah SWT.

Bahaya uang haram yang terakhir dan yang paling mengerikan adalah akan mendatangkan azab yang sangat pedih dari Allah SWT pada hari kiamat.

Allah SWT menyebutkan, masalah riba dalam surat Al Baqarah ayat 275:

“Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

Setiap orang yang berperkara di Pengadilan Agama, terutama masalah perceraian, gugatan harta bersama maupun gugatan harta waris, maka jika kedua belah pihak hadir di persidangan, para pihak wajib menempuh proses mediasi dengan i’tikad baik sebagaimana maksud pasal 7 ayat (1) Perma No. 1 tahun 2016. Dan jika pihak Penggugat untuk gugatan harta waris/gugatan harta bersama atau gugatan cerai dan atau Pemohon untuk permohonan cerai talak tidak mau beri’tikad baik untuk menempuh proses mediasi, maka gugatan atau permohonannya akan diputus dengan tidak dapat diterima atau di NO (Niet-Onvanklijk), karena mediasi  merupakan syarat mutlak atau sebuah keharusan bagi para pihak yang hadir kedua-duanya.

Dan seorang mediator di dalam menjalankan tugas mediasinya boleh memberikan nasehat yang panjang lebar, tidak terbatas pada posita maupun petitum gugatan sesuai dengan kehendak Perma No. 1 tahun 2016 pasal 25 ayat (1). Ketidak terbatasan di sini dengan tujuan agar para pihak (gugatan perceraian) dapat mencabut perkaranya dan kembali rukun sebagai suami isteri, sedang dalam perkara (harta bersama maupun gugatan harta waris) agar dapat diselesaikan dengan cara damai secara kekeluargaan. 

Dari dua pasal tersebut di atas, yaitu pasal 7 ayat (1) dan pasal 25 ayat (1) Perma No. 1 tahun 2016 tersebut, maka penulis mencoba untuk memberikan beberapa sampling penasehatan, dengan harapan para pihak bisa tersentuh hati untuk berpikir ulang di dalam melanjutkan perkaranya di Pengadilan agama, sehingga gugatannya akan berakhir dengan mencabut perkara bagi gugatan perceraian atau permohonan cerai talak untuk rukun kembali sebagai suami isteri yang baik,  dan terhadap perkara gugatan harta bersama atau gugatan harta waris dapat berakhir dengan penyelesaian secara damai (terjadi kesepakatan) antara kedua belah pihak yang berperkara.

Di sini penulis akan mencoba memberikan sampling penasehatan terhadap pihak-pihak yang berperkara, khususnya terkait dengan 3 (tiga) perkara yang sering muncul di Pengadilan Agama sebagaimana telah disampaikan di atas, dan meskipun ada 3 (tiga) perkara, namun di sini akan dipisahkan ke dalam 2 (dua) sampling saja, yaitu sampling untuk perkara perceraian dan yang kedua sampling untuk perkara gugatan harta waris maupun gugatan pembagian harta bersama. 

Sebelum melakukan penasehatan pada para pihak yang akan bercerai, seorang mediator terlebih dahulu menjelaskan tentang tugas dan maksud diadakannya mediasi serta waktu yang disediakan untuk pelaksanaan mediasi, sehingga para pihak sebelum dimediasi telah mengetahui esensi dari pada diadakannya mediasi itu sendiri. Dan sebelum masuk pada penasehatan, seorang mediator hendaknya mengetahui penyebab terjadinya perselisihan dan pertengkaran, yang tentunya bisa digali dari keterangan para pihak ataupun dengan membaca dan memahami dalil-dalil gugatan cerai atau permohonan cerai talak yang diajukan oleh Penggugat atau Pemohon. Dan menurut penulis lebih efektif dengan memahami surat gugatan cerai atau surat permohonan cerai talak, karena hal itu lebih dapat menghindari jawab jinawab antara para pihak secara emosional.

Setelah mediator paham tentang penyebab timbulnya perselisihan maupun pertengkaran, selanjutnya mediator bisa melakukan penasehatan melalui pendekatan nilai-nilai islam terhadap kedua belah pihak secara tepat, sesuai sasaran. Dengan harapan agar keduanya menyadari kesalahannya masing-masing dan mau saling memaafkan, sehingga bisa rukun kembali sebagai suami isteri yang baik.

Apabila penyebab terjadinya perselisihan dan pertengkaran antara suami isteri disebabkan oleh aspek ekonomi kurang cukup, atau aspek perselingkuhan maupun perjudian dan minum-minuman keras, maka penasehatannya tetap diawali secara umum tentang pentingnya pernikahan dan mempertahankan rumah tangga, setelah itu baru masuk pada penyebab terjadinya pertengkaran dari para pihak, kira-kira sebagai berikut :

Bapak ibu, yang mudah-mudahan mendapat petunjuk dari Allah SWT., perlu diketahui bersama, bahwa Allah menciptakan manusia di dunia ini bukan untuk berbuat sesuai kemauan kita, melainkan hanya untuk mengabdi (beribadah) kepada Allah SWT. semata, sebagaimana Firman Allah dalam surat Adz-Dzariyaat ayat 56, yang artinya : “Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia, kecuali hanya untuk mengabdi (beribadah). Dan mengingat manusia diciptakan Allah dibekali dengan nafsu dan akal. Sementara salah satu kecenderungan nafsu manusia selalu tertarik pada lawan jenis, maka Allah mengaturnya dengan melalui ibadah dalam bentuk pernikahan, sehingga jelas bahwa pernikahan itu adalah sebuah ikatan suci dan salah satu bentuk ibadah kepada Allah yang harus diperjuangkan keutuhannya, karena memperjuangkan keutuhan rumah tangga akan bernilai ibadah sebagaimana sabda Rasulullah Saw yang artinya : “Bila seorang menikah, maka berarti ia telah melengkapi separuh dari agamanya, maka hendaknya ia bertakwa kepada Allah pada separuh yang tersisa.” (HR. Baihaqi, hadits Hasan). dan sebaliknya perceraian adalah sesuatu hal yang halal, namun sangat dibenci oleh Allah SWT.

Bapak ibu yang mudah-mudahan diberi petunjuk oleh Allah SWT., bahwa untuk mencapai kehidupan suami isteri dalam rumah tangga yang tentram, sakinah, mawaddah, wa rahmah sebagaimana do’a saat kita menikah dahulu yang sangat kita harapkan bersama, maka syaratnya tiada lain adalah kita harus menjadi orang yang beriman yang selalu ingat kepada Allah SWT dalam kondisi dan situasi apapun, kapan saja dan di mana saja kita berada, sebagaimana yang ditunjukkan oleh Allah dalam al-Qur’an Surat Al Fath ayat 4, yang artinya “ Dialah (Allah) yang telah  menurunkan ketenangan/ketentraman di hati orang-orang yang beriman” dan dalam Suart Ar-Ra’du ayat 28, yang artinya “ ......ketahuilah bahwa hanya dengan mengingat Allah sajalah, hati akan menjadi tenang”.

Adapun sarana terbaik untuk mengingat Allah SWT., adalah dengan senantiasa menjalankan shalat secara khusu’, dan tidak pernah meninggalkan shalat wajib walau sekalipun, karena orang yang menyepelekan kewajiban shalat, maka sudah barang tentu orang tersebut akan menyepelekan kewajiban-kewajiban yang lain termasuk kewajiban sebagai seorang suami ataupun sebagai seorang isteri, sebab terhadap kewajiban shalat yang merupakan kewajiban pribadi saja lupa, apalagi kewajiban terhadap orang lain.   

Dan perlu diingat pula, bahwa manusia diciptakan oleh Allah dalam keadaan lemah, sebagaimana Qs. An-Nisa’ ayat 28, yang artinya : “....dan diciptakannya manusia itu dalam kondisi lemah”. Maksud ayat ini adalah supaya kita sebagai manusia harus selalu sadar diri di setiap saat, bahwa sesungguhnya kita ini sebenarnya orang yang lemah, tidak punya apa-apa dan tidak punya kekuatan apa-apa, sebab harta, jabatan, kekuatan, kesehatan, tubuh kita yang mulus dan tidak cacat, serta kecantikan maupun ketampanan dan lain-lain yang selama ini kadang-kadang menjadi kebanggaan kita untuk bersikap arogan dan sewenang-wenang terhadap pasangan kita, itu sebenarnya hanyalah  titipan dari Allah, yang sewaktu-waktu bisa diambil kembali dengan sangat mudah oleh Allah SWT dan ingat bahwa titipan itu semua akan dipertanggung jawabkan nanti di akhirat sebagai alam jaza’ (alam pembalasan).

Jadi kelebihan yang kita miliki saat ini, adalah tidak lebih dari titipan Allah dan kita tidak punya kekuasaan sedikitpun untuk mempertahankannya, bahkan apa yang kita miliki sebagai titipan Allah itu dalam kenyataannya sedikit demi sedikit akan hilang (dicabut oleh Allah) seiring dengan bertambahnya umur kita saat hidup di dunia ini, sebgaimana firman Allah dalam surat Yasiin ayat 68, yang artinya : “ setiap kali usia manausia bertambah, maka akan Aku (Allah) kurangi nikmat ciptaan Ku, apakah kalian tidak berfikir”.

Dan sebenarnya kita sering lupa kalau waktu itu cepat berlalu, umur cepat bertambah tua, kematianpun sudah makin mendekat, dan yang kita rasakan adalah tahu-tahu nikmat kekuatan kita mulai berkurang, bentuk postur tubuh kita mulai tidak menarik dan lain-lain, oleh karena itu yang paling pantas bagi kita agar kita tetap mendapatkan kebaikan dan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat nanti, adalah kita harus berbuat bagaimana agar hidup kita bernilai ibadah, tentunya kita harus senantiasa bersyukur terhadap nikmat yang dititipkan Allah kepada kita, dan berusaha terus bersabar terhadap kekurangan pasangan kita, sehingga terbentuk sifat yang selalu bersyukur dan bersabar, sebagaimana sebuah kisah yang disampaikan oleh Abul Hasan Al-Madini, dia berkata : Suatu hari Imran bin Hatthan mendatangi istrinya. Imran ini adalah laki-laki buruk rupa dan berbadan pendek. Sementara istrinya adalah seorang wanita yang cantik. Pada saat itu dia telah berdandan, maka dia semakin cantik dan menawan di mata suaminya, sehingga Imran tidak kuasa kecuali terus menerus memandangi istrinya. Lalu istrinya bertanya, “Ada apa denganmu?” Dia menjawab, “Demi Allah kamu sangat cantik.” Istrinya berkata, “Bergembiralah, aku dan dirimu akan masuk Surga.” Ia bertanya, “Dari mana kamu tahu itu?” Dia menjawab, “Kalau kamu dianugerahi istri cantik sepertiku dan kamu bersyukur, sementara aku diuji dengan suami sepertimu, maka aku bersabar. Orang yang sabar dan orang yang bersyukur itu ada di Surga”.

Bapak ibu yang mudah-mudahan diberi kesadaran oleh Allah SWT., bahwa maksud syukur dalam rumah tangga di sini, bukan hanya mencakup masalah kecantikan wajah dari pasangan kita saja, akan tetapi juga segala kebaikan yang muncul dari pasangan kita berapapun kecilnya kebaikan itu, maka hendaknya kita harus bisa bersyukur. Dan maksud sabar di sini juga tentu bukan saja karena buruknya muka pasangan kita, tetapi juga mencakup keburukan yang muncul dari sifat-sifat pasangan kita, berapapun besarnya keburukan itu, harus kita hadapi dengan penuh kesabaran. Oleh karena itu yang harus kita munculkan dari sifat kesyukuran dan kesabaran kita adalah dengan senantiasa berusaha sekuat mungkin untuk selalu bisa menerima dan mudah memberikan maaf pada kesalahan dan kekurangan pasangan kita, juga selalu mendo’akan dan meminta pasangan kita agar bisa berubah sesuai apa yang kita harapkan.

Dan oleh karena kejadian-kejadian berupa kesalahan maupun salah paham yang datang pada diri kita dan pasangan kita selama ini, sudah menjadi ketentuan dan kehendak Allah SWT, yang tidak bisa diganggu gugat, maka tidak sepantasnya bagi kita untuk selalu menyalahkan pasangan kita secara terus menerus tanpa ampun,  akan tetapi yang paling tepat adalah justru dengan cara mudah memaafkan dan meminta agar pasangan kita mau merubahnya, sebab dalam Qs. Ar Ra’d ayat 11, Allah berfirman yang artinya :” .... Allah tidak akan merubah suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri mau merubahnya ....”. 

Selanjutnya perlu diingat pula bahwa dalam kontek taqdir ini, kita tidak dibenarkan menjadikan kesalahan diri kita yang terkait dengan masalah dosa untuk disandarkan sebagai taqdir dari Allah SWT., seperti berselingkuh, berjudi, minum-minuman keras dan lain-lain, sebab itu semua adalah murni kesalahan diri kita yang telah melakukan pelanggaran terhadap aturan-aturan Allah, kecuali jika kesalahan itu disebabkan oleh sesuatu kejadian yang kita tidak bisa mengelak, seperti kebangkrutan, kekurangan ekonomi, kekurangan kondisi fisik kita karena sakit dan lain-lain, ini barulah bisa disandarkan bahwa itu adalah taqdir dari Allah SWT yang harus dihadapi dengan penuh kesabaran (keuletan).    

Bapak ibu yang mudah-mudahan diberi kesadaran oleh Allah,  bahwa setiap manusia hidup di dunia ini (semuanya, tanpa kecuali), mesti akan diuji oleh Allah SWT., sesuai keadaannya, dan ujian itu tidak akan pernah berakhir sebelum nafas kita berakhir (meninggal dunia), ibarat bahtera yang berlayar di lautan luas, sudah barang tentu bahtera itu tidak akan sepi dari goncangan ombak dan angin kencang. Begitu juga kehidupan rumah tangga yang kita alami ini, tidak akan pernah sepi dari berbagai permasalahan yang datang silih berganti,  termasuk beliau Rasulullah Saw sendiri sebagai manusia yang terbaik, yang harus kita jadikan teladan dalam kehidupan kita di dunia ini, juga rumah tangga beliau pernah digoncang masalah dengan para isterinya, namun dalam menghadapi permasalahan keluarga, beliau tetap berlaku bijaksana, selalu bersifat lembut dengan keluarganya, selalu membantu pekerjaan rumah tangga dan selalu menjadi contoh yang terbaik terhadap keluarga dan umatnya, dan inilah contoh teladan kita selaku umat islam.

Untuk itu, sikap kita yang terbaik dalam menghadapi ujian hidup ini adalah dengan memunculkan inti dari keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, yaitu dengan iman akan senantiasa muncul sifat sabar dan syukur dalam mengahadapi segala ujian yang datang dari Allah SWT, sehingga dikatakan dalam sebuah hadits, yang artinya “ alangkah indahnya, alangkah beruntungnya kehidupan orang yang beriman itu, ketika diuji dengan kesusahan, ia selalu bisa bersabar dan ketika diuji dengan kesenangan, ia selalu bisa bersyukur”. Begitu juga inti dari bertaqwa kepada Allah, yaitu kita bisa selalu ikhlas menerima ujian dari Allah SWT, seperti ikhlas menerima segala kekurangan pasangan kita, karena tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, dan semua kekurangan yang terjadi pada pasangan kita tidak lepas dari kehendak Allah SWT, yang tidak dapat kita hindari, selanjutnya kita berusaha untuk memaafkannya.

Kemudian jika kita menginginkan agar hidup ini sukses dan menyenangkan hati, maka syaratnya adalah kita harus bisa mengamalkan isi dari Surat Al-Anfal ayat 45-47, yaitu di sini ada 6 (enam) syarat, yang pertama kita harus tangguh dan istiqomah dengan nilai-nilai ajaran islam dalam menghadapi ujian apapun bentuknya, yang kedua kita harus selalu banyak ingat kepada Allah SWT. dimanapun kita berada, yang ketiga kita harus taat pada Allah dan Rasul Nya dengan cara berusaha untuk melaksanakan segala perintah Allah dan berusaha menghindari larangannya, serta taat pada Rasulullah Saw, dengan cara berusaha melaksanakan 7 kebiasaan Rasulullah yang tidak pernah ditinggalkan oleh beliau, seperti (shalat tahajjud, membaca al-Qur’an dengan maknanya, memakmurkan masjid dengan shalat berjama’ah, shalat sunnah dhuha, selalu bersedekah, menjaga wudlu terus menerus, dan selalu beristighfar setiap saat). Dan syarat yang ke empat hindarilah pertengkaran dengan cara mengingat-ingat kebaikan pasangan kita dan mengingat-ingat kesalahan serta kekurangan diri kita serta utamakan untuk segera saling memaafkan, dan yang terpenting bahwa itu semua adalah ujian dari Allah, yang kelima bersabar dalam menghadapai segala permasalahan bahwa itu semua datang atas kehendak Allah SWT, dan yang terakhir keenam adalah ikhlas karena Allah semata dalam menerima kekurangan apapun, baik yang datang dari pasangan kita maupun dari diri kita sendiri.

Setelah nasehat ini selesai, barulah kita masuk pada penyebab terjadinya pertengkaran antara para pihak, misalkan penyebab pertengkaran adalah masalah ekonomi kurang cukup, maka nasehatilah tentang kekurangan ekonomi, bahwa sesungguhnya dalam Qs. Al Baqoroh ayat 155, dijelaskan: “ Allah telah menguji manusia dengan rasa ketakutan, kelaparan, kekurangan harta dan lain lain...”, artinya jika kita menyadari bahwa itu semua sudah menjadi ketentuan dan kehendak Allah, maka semestinya kita harus bisa menerima apa adanya sebagai orang yang qona’ah, dengan penuh kesabaran, tanpa harus menimbulkan pertengkaran, sebab sangat tidak pantas jika Allah mentaqdirkan pada diri kita ditimpa kekurangan ekonomi, kemudian kita saling menyalahkan pasangan kita masing-masing, dan mengedepankan emosi dari nafsu kita dengan mengambil jalan yang salah yaitu bercerai padahal itu sangat dibenci oleh Allah meskipun itu halal.

Dan janganlah sekali-kali kita beranggapan bahwa dengan memilih pasangan yang kaya, lalu hidup kita akan bahagia, itu adalah anggapan yang sangat keliru, sebab dalam sebuah hadits dikatakan yang artinya: “ kawinilah wanita karena 4 hal, yaitu karena kecantikannya, karena keturunannya, karena harta kekayaannya dan karena agamanya, tapi pilihlah dengan patokan yang agamanya baik, sebab hal itu akan bisa menyenangkan dan menentramkan hati kalian”.

Sehingga tidak benar kalau yang penting pasangan kita kaya, agama tidak penting, lalu hidup kita menjadi bahagia, sebab yang sering terjadi di kalangan masyarakat pada umunya adalah justru sebaliknya, yaitu kita akan selalu merasa sering tersakiti hatinya, sebab ternyata suami yang kaya tapi miskin agama, dia akan menganggap dirinya adalah orang yang paling sukses karena punya kemampuan yang luar biasa, dan lupa bahwa itu semua sebenarnya murni titipan dari Allah, akibatnya dia tidak akan mensyukuri kekayaan itu, melainkan akan menggunakan kekayaan itu untuk memenuhi tuntutan nafsu syahwatnya, seperti untuk selingkuh dimana-mana dan akan bersikap semena-mena dengan meninggalkan kewajibannya sebagai seorang suami yang baik.

Sebaliknya jika kita cari isteri yang cantik dan kaya tapi miskin agama, sedang penghasilan kita di bawah penghasilan isteri atau bahkan kita tidak bekerja, maka yang akan terjadi adalah sang suami akan menjadi pembantu rumah tangga, tidak mendapat penghormatan sama sekali dari isterinya dan tidak bisa memimpin isteri, padahal fitrah laki-laki dalam islam adalah sebagai pemimpin (Qowwam) bagi isterinya. Akhirnya yang terjadi adalah isteri sulit diatur maupun dikendalikan, sering menolak ajakan suami dan lain-lain.

Sementara itu orang yang baik agamaya, ketika ditinggal pergi akan menjaga harta dan kehormatannya.  Sebaliknya wanita yang cantik tapi miskin agamanya, maka akan menyusahkan hidup kita,  karena jika isteri kita terlalu cantik, sudah barang tentu kita akan selalu khawatir dan was-was ketika meninggalkan isteri sendirian di rumah sementara kita sedang bekerja, sebab saat kita mengajak jalan-jalan bersama isteri di tempat umum saja, banyak orang yang memperhatikan dan melototi isteri kita, apalagi jika isteri yang cantik itu hanya cantik luarnya saja sedang dalamnya (agamanya) tidak ada, maka sudah barang tentu isteri kita akan melayani ajakan dan gangguan dari para sipenggoda, dan atau dia akan selalu menuntut yang serba mahal, karena mentang-mentang banyak laki-laki yang suka padanya. Ini realita umum yang ada di dalam kehidupan masyarakat sekarang ini. Oleh karena pilihlah yang agamanya baik, meskipun cantiknya pas-pasan saja, karena untungnya isteri yang kurang cantik wajahnya, kita tidak khawatir akan digoda oleh laki-laki lain ketika kita pergi bekerja, dan biasanya isteri yang kurang cantik tidak akan menuntut yang mahal-mahal. 

Oleh sebab itu janganlah mengejar-ngejar wanita yang cantik atau laki-laki yang tampan tapi miskin agama, karena akan sering menyakitkan hati kalian, tapi pertahankan yang telah ada ini dengan memupuk rasa kasih sayang kita dengan cara belajar sedikit demi sedikit nilai-nilai ajaran islam untuk bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama terhadap pasangan kita masing-masing. Dan jangan pernah puas dengan pemahaman kita terhadp nilai-nilai ajaran islam selama ini, sebab masih banyak sekali ilmu-ilmu ajaran islam yang perlu kita pahami, yang bisa menjadikan hati kita lembut, akhlak kita baik, kesabaran kita kuat dan lain-lain, sehingga gunakan Hp ini untuk mencari pemahaman islam melalui goegle, jangan gunakan untuk perselingkuhan baik melalui sms, catingan maupun fesbookan. 

Jadi intinya dengan mengedepankan kekayaan maupun keindahan wajah, tapi jauh dari pemahaman dan pengamalan agama, maka kehidupan rumah tangga, tidak akan nyaman selamanya dalam perasaan hati kita. Oleh karena itu  mari kita perbaiki bersama, dengan cara kita kembalikan seluruh permasalahan kita pada Allah SWT yang menguasai kita, yang mengatur kita, yang memberi rizki pada kita dan yang memberikan kebahagiaan kepada kita semua serta yang memberikan solusi terbaik bagi kita. 

Kemudian jika salah satu pihak berbuat selingkuh dengan orang lain, maka ketahuilah bahwa selingkuh itu dosa, bukan ibadah, padahal Allah memerintahkan agar segala tindakan kita di dunia supaya bernilai ibadah, sehingga Allah menetapkan bahwa berhubungan badan dengan pasangan kita adalah ibadah, sebagaimana berzina juga dosa. Dan karena berzina itu dosa, maka pasti Allah akan memberikan azabnya bisa saja di dunia berupa berbagai penyakit yang mematikan atau rumah tangganya selalu panas, dan atau berupa dosa besar yang harus diterima balasannya di akhirat kelak.

Begitu juga jika kita selalu menyenangkan pasangan kita dengan selalu berhubungan badan sebagai nafkah batin suami terhadap isterinya, maka hidup kita akan selalu berkah, dan yakinlah bahwa rasa nikmatnya orang berhubungan badan dengan pasangan kita akan sama dengan orang lain, sehingga diibaratkan memilih mana makan daging bangkai yang haram dengan memakan daging segar yang halal, tentu kita akan lebih memilih memakan daging segar yang halal, itulah pasangan kita yang sudah menjadi suami isteri sah.  

Jika para pihak bersikeras untuk memilih bercerai, berarti kita telah memilih sesuatu yang dibenci oleh Allah SWT, oleh karena bercerai itu sesuatu yang dibenci Allah, maka yang akan terjadi nanti bukan sesuatu yang meringankan beban kita, melainkan akan menambah beban permasalahan baru yang lebih beresiko lagi, yaitu :

Yang pertama, ketika kita bercerai, maka yang menjadi kurban adalah anak-anak kita, sebab sampai kapanpun anak itu menjadi tanggung jawab kedua orang tuanya hingga anak dewasa atau mandiri, sementara kalian berdua akan hidup sendiri-sendiri, sebagai orang lain, akibatnya bisa terjadi saling berebut anak atau sebaliknya saling melepas tanggung jawab untuk mendidik anak, akibatnya anak menjadi terlantar.

Yang kedua, jika kalian menikah lagi dengan orang lain, maka anak-anak bawaan kalian akan menjadi masalah tambahan yang dapat mengganggu ketentraman rumah tangga kalian dengan pasangan baru. 

Yang ketiga, selain masalah anak, tujuan pernikahan kalian yang sudah lama dijalani, yang mungkin hampir mencapai finis, akhirnya tujuan menjadi bubar berantakan. Seperti tujuan untuk memiliki rumah idaman, transportasi idaman dan ibadah haji bersama menjadi kacau, begitu juga untuk mendidik anak menjadi  shaleh/shalekhah akan sulit tercapai sebab rumah harus dibagi dua, begitu juga motor ataupun mobil dan hajipun tidak menentu lagi, mendidik anak pun menjadi tidak seirama.

Yang keempat, jika kalian menikah baru, maka tujuan hidup di dunia akan dimulai dari nol lagi, sementara usia kita sudah semakin tua, tapi jika kalian rukun kembali, maka kita tinggal melanjutkan tujuan kita yang belum tercapai dalam membina rumah tangga ke depan.  

Dan jika kita memilih untuk rukun kembali, lalu mencabut gugatan cerainya, maka insya Allah rumah tangga kalian berdua akan menjadi berkah dan permasalahan akan bisa diminimalisir, dibanding jika kalian tetap melanjutkan perceraian.  

Kemudian, jika salah satu pihak sebagai penjudi atau pemabuk atau terlibat narkoba, maka ketahuilah sekali lagi bahwa Allah menjadikan diri kita hanya untuk beribadah, bukan untuk mengumbar hawa nafsu. Dan semua yang diperintahkan oleh Allah itu mesti akan bermanfaat dan menjadi kebaikan bagi manusia itu sendiri, seperti ketika kita berjudi, maka sebenarnya kita telah merusak tatanan kehidupan yang baik menjadi kehidupan yang rusak dan tidak sehat, karena tidak ada sejarahnya orang kaya di dunia ini disebabkan karena menang judi, tapi justru sebaliknya dengan judi, orang menjadi miskin tidak punya apa-apa dan kaya akan hutang dimana-mana, akibatnya tukang judi akan bersikap kasar terhadap pasangannya. Begitu juga dengan narkoba maupun minuman keras, sesungguhnya sesuatu yang dilarang Allah itu akan membahayakan kesehatan tubuh kita, sehingga tidak sedikit orang yang telah tercandu oleh narkoba dan pemabuk itu akan merusak oragan-oragan tubuh yang penting, dan lambat laun ketika menjelang tua, jantung, paru-paru dan hati kita menjadi rusak karena akibat menkonsumsi barang-baranag terlarang tersebut. Disamping dampak dunia akan membahayakan diri kita seperti hidup akan berantakan dan fisik akan menjadi rusak serta shalat dan do’a akan jauh dari diterima ataupun dikabulkan Allah SWT., maka di akhirat kelak pun akan menjadi orang yang dimurkai oleh Allah SWT, dan akan menjadi orang yang sangat menyesal.

Jika kemudian para pihak tiba-tiba mengatakan hubungan kami berdua sudah tidak ada kecocokan lagi, maka perlu dijelaskan bahwa sesunguhnya tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, mau dicari dimanapun dan sampai kapanpun tidak akan pernah menemukan yang namanya  pasangan itu cocok dan sesuai  dengan selera, harapan kita, sebab kehidupan suami isteri adalah pertemuan antara dua jenis manusia yang berbeda karakter menjalani kehidupan secara bersama-sama, sudah barang tentu dibutuhkan adanya persamaan persepsi, adanya saling memahami dan perlu penyesuaian antara keduanya dengan melalui berbagai permasalahan dan perselisihan yang timbul dalam waktu yang tidak singkat, selain itu sifat manusia itu sendiri tidak pernah sepi dari  berbagai kekurangan dan kelemahan, karena memang manusia diciptakan oleh Allah SWT. dalam keadaan lemah, sebagaimana Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 28 di atas.

Oleh karena dalam mengarungi kehidupan berkeluarga ini, sangat dibutuhkan kedewasaan dan kematangan jiwa untuk menghadapi masalah-masalah rumah tangga yang bermunculan. Dan dalam islam kedewasaan serta kematangan itu hanya dimiliki oleh orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT sebagaimana telah diuraikan di atas.  

Apalagi kita tahu, bahwa Qs. Ath-Tholak (65) ayat 2, barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, maka Allah  akan memberikan jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada.  

Dan selain berupaya untuk menjadi orang yang beriman dan bertaqwa dengan sebenar-benarnya, juga perlu disempurnakan dengan adanya saling husnuzhzhan antara suami isteri, yaitu menjauhkan diri dari mengungkit-ungkit kejelekan masa lalu pasangan kita, dengan cara berusaha menutupi kesalahan pasangan kita dan mengingat kebaikan pasangan kita, karena barang siapa menutupi aib orang lain termasuk pasangan kita, maka Allah akan menutupi aib dan kejelekan kita di akhirat nanti. Dan sebalikmnya siapa yang membuka/membeberkan aib orang lain termasuk saudara kita atau pasangan kita, maka Allah juga akan membuka dan membeberkan aib dan kejelekan kita di akhirat nanti. Dan juga siapa yang mempermudah urusan di dunia, maka urusannya akan dipermudah di akhirat nanti, dan siapa yang mudah memaafkan orang, apalagi pasangan hidup kita, maka itu lebih dekat dengan sifat taqwa.  

Dan sebagai kata akhir, jika kita bisa ikhlas menerima segala kekurangan pasangan kita, bisa bersyukur menerima kelebihan pasangan kita serta bisa bersabar terhadap  permasalahan bahwa semua yang terjadi adalah merupakan sebuah ujian dan kehendak dari Allah Swt, kemudian bisa memaafkan dengan dada yang lapang terhadap pasangan kita, maka semakin besar peluang kita untuk merasakan kehidupan rumah tangga ini dengan sakinah mawaddah wa rahmah serta akan membuka peluang besar masuknya kita ke dalam surganya Allah Swt. Mau apa lagi kalau ingin masuk golongan yang beruntung tentunya akan berfikir jernih dan akan mencabut perkara ini dengan segera dan sebaliknya jika tidak mau mencabutnya, maka Rasulullah telah bersabda bahwa cerai adalah hal yang Allah benci meskipun dihalalkan dan itu hanya bisa dilakukan jika dalam keadaan yang sangat darurat.

Namun demikian saya hanyalah sekedar memberi saran saja kepada kalian, kalau kalian mau bersatu kembali dalam satu ikatan yang kuat sebagai suami isteri, maka itu adalah harapan kami dan sangat disukai oleh Allah SWT.  Dan saya berharap dan berdo’a semoga sepulang dari sini kalian berdua mau memikirkan apa yang saya sampaikan tadi dan semoga kalian mendapat petunjuk dari Allah sehingga sidang yang akan datang, kalian sudah rukun kembali sebagai suami isteri yang baik, dan berubah menjadi pasangan yang shaleh dan shalehah. Amiin, amiin, amiin ya Rabbal ‘Aalamiin.

Lalu bagaimana pendapat bapak ibu sekalian, apakah hari ini mau dicabut atau pikir-pikir dulu, saya serahkan kepada kalian berdua.

Bapak Ibu, perlu difahami bersama bahwa hidup di dunia ini hanyalah sebentar dan sementara, sebagaimana orang yang sedang melancong dan berhenti sejenak untuk istirahat, setelah itu kita harus melajutkan perjalanannya lagi menuju ke tujuan yang sebenarnya yaitu alam akhirat, alam pembalasan yang abadi. Dan di dalam pemberhentian di dunia yang hanya sesaat ini,  janganlah kalian beranggapan bahwa dunia ini sebagai satu-satunya kehidupan yang harus dinikmati, sebab dunia ini sebenarnya merupakan daarul ‘amal yang pendek waktunya, sebagai tempat ujian untuk dibalasi di akhirat kelak. Sedangkan alam akhirat adalah “daarul jaza’, alam pembalasan yang panjang (abadi), sebagaimana Qs. 21 ayat 35 :” Kami akan mengujimu dengan keburukan & kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu akan dikembalikan”.

Ibnu Mas'ud berkata : "Manusia tidak menjalankan aktivitasnya kecuali hanya seorang tamu, dan harta yang dicaripun hanya sebuah pinjaman. Tentunya tamu akan pulang dan pinjaman pasti dikembalikan".

Dan Ibnu Abbas RA berkata : "Sungguh Allah SWT menjadikan dunia pada 3(tiga) bagian : sebagian untuk orang mukmin, sebagian untuk orang munafik dan sebagian lagi buat orang kafir. Orang mukmin jelas untuk mempersiapkan bekal, orang munafik dipakai untuk berhias dan orang kafir untuk bersenang-senang".

Tinggal kita merasa sebagai seorang mukmin atau tidak, jika kita merasa sebagai seorang mukmin tentu carilah harta yang halal, karena bekal akhirat hanya diterima manakala bekal itu bersumber dari harta/barang yang halal.

Dalam sebuah hadits dijelaskan, bahwa Jabir bin Abdillah ra bekata, “Rasulullah SAW pernah memasuki sebuah pasar yang di kanan kirinya dipadati manusia. Ketika itu beliau melewati seekor kambing kuper (telinganya kecil) yang telah menjadi bangkai. Lantas Beliau menenteng telinga kambing itu seraya berseru, “Siapakah yang mau membeli kambing ini dengan harga satu dirham?” Pengunjung pasar menjawab, “Sedikitpun kami tidak menginginkannya“. Beliau bertanya lagi, “Apakah kalian mau jika anak kambing ini kuberikan cuma-cuma kepada kalian?” Mereka menjawab, “Demi Allah, kalaupun anak kambing itu hidup, kami tidak akan menerimanya karena cacat, maka bagaimana kami mau menerimanya setelah menjadi bangkai?” Mendengar hal ini Rasulullah saw bersabda, “Demi Allah, sesungguhnya dunia itu lebih hina dalam pandangan Allah daripada bangkai kambing kuper ini dalam pandangan kalian” (HR. Muslim).

Diriwayatkan lagi bahwa “Sesungguhnya Nabi SAW berdiri di dekat tempat sampah, beliau SAW bersabda : "Mari kita lihat dunia". Kemudian beliau SAW mengambil pakaian usang dan rusak di bak sampah itu, berikut beberapa tulang yang hancur. Beliau SAW bersabda : "Inilah dunia, sebagai lambang bahwa perhiasan dunia akan rusak seperti tulang-tulang ini".

Kalau ada orang sayang atau memakan bangkai, maka ia dianggap tidak siuman. Tetapi sekiranya ia gunakan bangkai untuk menyuburkan tanamannya dan hasilnya menjadi buah subur yang dapat dimakan, itulah orang cerdik dan siuman. Demikian juga dengan dunia, ia cuma ‘tempat tanaman’ atau ‘alat’ untuk menyuburkan amalan yang diperintahkan dan sesudah itu hasilnya akan dipungut dan diambil faedahnya (pahala) di akhirat nanti.

Demi Allah, dunia ini dibanding akhirat ibarat seseorang yang mencelupkan jarinya ke laut, air yang tersisa di jarinya ketika diangkat itulah nilai dunia” (dari Al-Mustaurid ibn Syaddad r.a, Hadits Riwayat Muslim). Artinya dunia yang saat ini direbutkan oleh banyak manusia itu jumlahnya sangat sedikit sekali dan terbatas, sementara akhirat yang jumlah kenikmatannya tak terbatas kenapa kita tidak mau berebut.

Bahkan, para nabi dan orang-orang shaleh, memandang dunia sebagai sesuatu yang tidak  memiliki nilai sama sekali dan mencintai dunia merupakan sumber malapetaka (HR. Baihaqi dalam Syu'abul Iman). Sehingga segala macam kerusakan yang terjadi di muka bumi ini, sebagian besarnya disebabkan oleh sikap kita yang terlalu cinta terhadap dunia. Hingga muncul pembunuhan, perampokan, pemerkosaan, permusuhan sesama saudara, mendzalimi saudaranya sendiri  dan kerusakan-kerusakan lainnya merupakan buah dari menipisnya keimanan terhadap hari akhir dan kecintaan kita terhadap dunia yang berlebihan.

Lukman berkata : "Wahai anakku, dunia ibarat laut yang dalam, dia telah menenggelamkan banyak manusia. Maka perahumu ialah takwa kepada Allah 'Azza Wa Jalla, muatannya iman kepada Allah SWT, dan layarnya berupa tawakkal pada-Nya agar kamu selamat. Dan aku melihatmu saat ini bukan orang yang selamat".

Inilah penggambaran luar biasa yang menunjukkan betapa tak ada nilainya dunia ini dibanding keluarbiasaan alam akhirat yang sering dilupakan oleh manusia.

Bapak ibu yang sedang diuji masalah oleh Allah SWT, pesan Rasulullah yang jelas seperti itu kenapa kita tidak sikapi saja dengan baik untuk keselamatan hidup kita ke depan, supaya hidup menjadi berkah dengan harta yang halal dan di akhirat akan lepas dari keadilan Allah SWT. Sebab barang siapa yang mempermudah urusan di dunia, maka Allah akan mempermudah urusannya di Akhirat kelak. Dan siapa saja yang mempersulit atau merugikan saudara kita di dunia, maka di akhirat kelak kita juga akan dipersulit dan akan mengalami kerugian besar yang sulit untuk ditebus dengan apapun. 

Oleh karena itu saya menghimbau kepada bapak dan ibu alangkah indahnya hidup kita kalau perkara ini kita akhiri dengan perdamaian secara kekeluargaan, sehingga hubungan sillaturrahim tetap terjalin, hidup menjadi berkah, dijauhkan dari bala’ dan bencana/musibah baik di dunia maupun di akhirat. Apalah artinya kita menang hanya mendapat keuntungan secara kasat mata katakanlah sejumlah Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah), tetapi ternyata hukuman Allah lebih besar dari jumlah itu, apalagi kalau kemenangan kita hanya dibawah dari jumlah itu.

Ingatlah, bahwa sebaiknya jauhkan nafsu kita dan kedepankan akal dan hati kita, sebab nafsu akan selalu ambisi untuk mengeruk dunia yang sebanyak-banyaknya, hingga dikatakan dalam sebuah hadits : “Nabi shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda, “Seandainya anak keturunan Adam diberi satu lembah penuh dengan emas, niscaya dia masih akan menginginkan yang kedua. Jika diberi lembah emas yang kedua, maka dia menginginkan lembah emas yang ketiga. Tidak akan pernah menyumbat rongga anak Adam selain tanah, dan Allah menerima taubat bagi siapa pun yang mau bertaubat.” (HR. Al-Bukhari No.6438).  Dari hadits ini, bisa kita katakan untuk apa kita mengumpulkan harta yang banyak kalau akhirnya nanti akan menjadi rebutan anak-anak kita yang tidak mau mendo’akan kita sebagai pahala jariyah (anak shaleh yang selalu mendo’akan orang tuanya).

Bapak Ibu, perlu diketahui bahwa dalam berperkara, boleh saja yang pintar akal, kuat ekonomi dan kuat bukti akan selalu menang dalam peradilan di dunia, karena pengadilan manusia sifatnya terbatas tidak dapat menjangkau kebenaran yang hakiki, tapi kita harus ingat bahwa masih ada peradilan di akhirat yang pasti akan ditegakkan keadilan yang hakiki. Dan ingat pula bahwa kemenangan secara curang adalah termasuk golongan orang-orang yang sangat mencintai dunia dan orang yang mencintai dunai tidak akan membawa pada kesenangan hidup, karena Nabi SAW juga bersabda : "Barangsiapa yang mencintai dunia, Allah tidak akan menolongnya dalam urusan apapun. Selain itu Allah akan menempatkan 4 hal dalam hatinya: 1. Selamanya dirundung kesusahan, 2. Diberikan kesibukan yang tak pernah berhenti, 3. Selamanya akan merasakan fakir, tidak pernah merasa cukup (selalu butuh dan butuh, bahkan kurang dan kurang), dan 4.Khayalannya tidak akan berhenti untuk selamanya.

Apalagi kalau kecintaan kita terhadap dunia hingga sampai berbuat meandzalimi saudara kita maupun orang lain, dengan cara batil sehingga dapat memenangkan perkaranya di pengadilan dengan cara mendzalimi saudaranya, merampas hak orang lain, maka kemenangan itu akan dijauhkan dari keberkahan dan lebih bahaya lagi do’anya orang yang terdzalimi itu akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Apa itu yang dimaksud tidak berkah, yang dimaksud adalah tidak memberikan dampak positif bagi kita baik di dunia maupun di akhirat, seperti misalnya :

dengan kebangkrutan dalam usaha, atau dengan berbagai musibah kecelakaan yang dikehendaki oleh Allah SWT. 

Akhirnya kami hanya bisa mengajak pada kalian semua, bahwa hukum Allah pasti akan terjadi dan mesti akan berlaku secara adil pada kalian semua. Kalau kalian percaya pada hukum Allah, maka sebaiknya kalian saling bersikap jujur dan bersikap adil dan selanjutnya perkara ini bisa kita akhiri dengan pembagian secara semestinya, secara adil dan secara kekeluargaan, dan hal seperti ini lebih dekat kepada kebaikan serta akan terjaga tali silatuirrahim diantara kalian semua dan akan menjadi harta yang diberkahi Allah SWT.

Akan tetapi sebaliknya, jika kalian terus mengikuti nafsu serakah sebagai manusia, maka tidak mustahil hubungan persaudaraan kalian akan terjadi putus hubungan, dan ingat do’anya orang yang kalah karena terdzalimi oleh salah satu dari kalian adalah maqbul dan siapa yang telah memutuskan tali sillatur rahim, maka rizkinya di dunia akan sulit dan di akhirat akan mendapat siksa yang berat dari Allah SWT. Na’udzubillahi min dzaalik.

Bapak ibu yang saya hormati, kalau masalah harta gono gini, maka menurut aturan undang-undang sperti ini....dan pembagiannya seperti ini, jadi sudah jelas. Begitu juga masalah harta waris, maka pembagiannya menurut ilmu faro’id ahli warisnya adalah ini dan ini, lalu pembagiaannya adalah seperti ini.... jadi sebenarnya bisa dikatakan “alhalaalu bayyinun wal haroomu bayyinun”. Artinya kecurangan atau keculasan dalam pembagian nanti, yang mengetahui adalah kalian berdua, saya tidak mengetahuinya, kecuali hanya pesan saran kepada kalian semua hati-hati hidup yang hanya sekali ini jangan kita kotori dengan hal-hal yang berdosa, karena penyesalan di akhirat tidak ada gunanya.

Demikain tulisan yang dapat saya sampaikan sebagai sampling penasehatan, sekaligus sebagai sharing saja. Sebab saya tahu kita semua telah terbiasa menasehati orang, umumnya dalam mendamaikan saudara kita yang berselisih sebagai suatu kewajiban bagi setiap mukmin (Qs. Al-Hujurat ayat 10), dan khususnya dalam proses mediasi, namun demikian saya tetap mencoba untuk memunculkan tulisan ini dengan harapan bisa bermanfaat khususnya pada diri saya pribadi dan para pembaca pada umumnya, sebagai acuan awal untuk kemudian bisa dilengkapi dan dikembangkan sesuai keadaan para pihak yang akan kita mediasi nanti.



Efek harta haram yang disampaikan Rasulullah SAW kepada Ali bin Abi Thalib:          

1. Syubhat berakibat pada terkontaminasinya agama dan gelap hatinya 

يا علي، من اكل الشبها ت اشتبه عليه دينه واظلم قلبه ومن اكل الحرام مات قلبه وخف دينه وضعف يقينه و حجب الله دعوته وقلت عبادته

“ Wahai Ali, barang siapa yang makan makanan syubhat, maka agamanya akan syubhat dan hatinya akan menjadi gelap (maksudnya orang yang makan syubhat hatinya tidak akan bisa menerima nasihat agama sehingga gelap hatinya). Dan barang siapa yang makan makanan haram maka akan mati hatinya, ringan agamanya (menyepelekan agama), lemah keyakinannya, doanya akan terhalang dan sedikit ibadahnya.”

2. Harta haram bisa memicu murka Allah SWT 

يا علي، اذا غضب الله على احد رزقه مالا حراما. فاذل اشتد غضبه عليه وكل به شيطانا. يبارك له فيه ويصحبه ويشغله بالدنيا عن الدن. ويسهل له امور دنياه ويقول: الله غفور رحيم

“Wahai Ali, Jika Allah marah kepada seseorang maka Allah akan memberinya rezeki yang haram. Dan ketika Allah semakin marah kepada seseorang hamba maka Allah akan mewakilkan (memberi kuasa) kepada setan untuk menambah rezekinya dan menemaninya, menyibukannya dengan dunia  serta melupakan agama. Memudahkan urusan dunianya dan setan berkata (menggoda dengan kalimat): Allah Mahapengampun dan Mahapenyayang.”  

3. Setan akan senantiasa membuntutinya 

ياعلي ماسافر احد طالبا الحرام ماشيا الا كان الشيطان قرينه، ولاراكبا الا كان رديفه، ولا جمع احد ما لا حراما الا اكله الشيطان. ولا نسى احد اسم الله تعالى عند الجماع الا شاركه الشيطان في ولده. وذلك قوله تعالى: وشاركهم في الاموال والاولاد وعدهم. الاسراء: ٦٤

“Wahai Ali, tidaklah seseorang berjalan kaki untuk mencuri perkara yang haram, kecuali setan akan menemaninya Jika ia berkendara maka setan akan mengikutinya. Dan tidaklah seseorang mengumpulkan harta haram, kecuali setan ikut memakannya. Dan jika lupa menyebut nama Allah ketika berhubungan suami istri, maka setan akan menemani anak-anaknya. Sebagaimana firman Allah pada surat Al Isra ayat 64:

  وشاركهم في الاموال والاولاد وعدهم “Dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah (janji palsu) mereka.”

4. Harta haram bisa menghentikan keberkahan dalam agama 

يا على، لا يزال المؤمن في زيادة في دينه مالم ياكل الحرام. ومن فارق العلما ء مات قلبه وعمى عن طاعة الله تعالى

“Wahai ali orang mukmin akan selalu bertambah (kuat) agamanya selama ia tidak memakan yang haram. Dan barangsiapa meninggalkan (menjauhi) ulama, maka hatinya akan mati, dan buta dalam melaksanakan taat kepada Allah.”    

5. Bacaan Alquran pemakan harta haram tak akan berdampak apapun bagi dirinya

ياعلى، من قرا القران ولم يحل حلاله ولم يحرم حرامه كان من الين  نبذوا كتاب الله وراء ظهورهم ghalalkan apa yang dihalalkan dalam Alquran dan tidak mengharamkan apa yang diharamkan dalam Alquran maka orang tersebut termasuk orang-orang yang melemparkan kitab Allah (Alquran) ke belakang punggungnya.”   

Referensi sebagai berikut ini ;












5 Efek Pemakan harta haram

Efek harta haram yang disampaikan Rasulullah SAW kepada Ali bin Abi Thalib:          

1. Syubhat berakibat pada terkontaminasinya agama dan gelap hatinya 

يا علي، من اكل الشبها ت اشتبه عليه دينه واظلم قلبه ومن اكل الحرام مات قلبه وخف دينه وضعف يقينه و حجب الله دعوته وقلت عبادته

“Wahai Ali, barang siapa yang makan makanan syubhat, maka agamanya akan syubhat dan hatinya akan menjadi gelap (maksudnya orang yang makan syubhat hatinya tidak akan bisa menerima nasihat agama sehingga gelap hatinya). Dan barang siapa yang makan makanan haram maka akan mati hatinya, ringan agamanya (menyepelekan agama), lemah keyakinannya, doanya akan terhalang dan sedikit ibadahnya.”

2. Harta haram bisa memicu murka Allah SWT 

يا علي، اذا غضب الله على احد رزقه مالا حراما. فاذل اشتد غضبه عليه وكل به شيطانا. يبارك له فيه ويصحبه ويشغله بالدنيا عن الدن. ويسهل له امور دنياه ويقول: الله غفور رحيم

“Wahai Ali, Jika Allah marah kepada seseorang maka Allah akan memberinya rezeki yang haram. Dan ketika Allah semakin marah kepada seseorang hamba maka Allah akan mewakilkan (memberi kuasa) kepada setan untuk menambah rezekinya dan menemaninya, menyibukannya dengan dunia  serta melupakan agama. Memudahkan urusan dunianya dan setan berkata (menggoda dengan kalimat): Allah Mahapengampun dan Mahapenyayang.”  

3. Setan akan senantiasa membuntutinya 

ياعلي ماسافر احد طالبا الحرام ماشيا الا كان الشيطان قرينه، ولاراكبا الا كان رديفه، ولا جمع احد ما لا حراما الا اكله الشيطان. ولا نسى احد اسم الله تعالى عند الجماع الا شاركه الشيطان في ولده. وذلك قوله تعالى: وشاركهم في الاموال والاولاد وعدهم. الاسراء: ٦٤

“Wahai Ali, tidaklah seseorang berjalan kaki untuk mencuri perkara yang haram, kecuali setan akan menemaninya Jika ia berkendara maka setan akan mengikutinya. Dan tidaklah seseorang mengumpulkan harta haram, kecuali setan ikut memakannya. Dan jika lupa menyebut nama Allah ketika berhubungan suami istri, maka setan akan menemani anak-anaknya. Sebagaimana firman Allah pada surat Al Isra ayat 64:

  وشاركهم في الاموال والاولاد وعدهم “Dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah (janji palsu) mereka.”

4. Harta haram bisa menghentikan keberkahan dalam agama 

يا على، لا يزال المؤمن في زيادة في دينه مالم ياكل الحرام. ومن فارق العلما ء مات قلبه وعمى عن طاعة الله تعالى

“Wahai ali orang mukmin akan selalu bertambah (kuat) agamanya selama ia tidak memakan yang haram. Dan barangsiapa meninggalkan (menjauhi) ulama, maka hatinya akan mati, dan buta dalam melaksanakan taat kepada Allah.”    

5. Bacaan Alquran pemakan harta haram tak akan berdampak apapun bagi dirinya

ياعلى، من قرا القران ولم يحل حلاله ولم يحرم حرامه كان من الين  نبذوا كتاب الله وراء ظهورهم ghalalkan apa yang dihalalkan dalam Alquran dan tidak mengharamkan apa yang diharamkan dalam Alquran maka orang tersebut termasuk orang-orang yang melemparkan kitab Allah (Alquran) ke belakang punggungnya.”   









Turunan Iblis dan Tugas Mereka dalam Tafsir At-Thabari

Turunan Iblis dan Tugas Mereka dalam Tafsir At-Thabari. Kesombongan serta ketidakmauan sujud hormat kepada Nabi Adam AS, Iblis akhirnya dikutuk dan diusir Allah dari surga ke muka bumi dalam keadaan terhina. Sebab, tak sepantasnya makhluk yang takabur dan merasa paling baik berada dalamnya. 

Sebelum diturunkan, Iblis mengajukan penangguhan umur kepada Allah hingga hari Kiamat. Allah pun mengabulkan permintaannya sebagaimana terekam dalam Al-Quran, “Sesungguhnya engkau termasuk mereka yang diberi tangguh,” (Surat Al-A‘raf ayat 15). 

Selain itu, Iblis berjanji kepada Allah akan menghalang-halangi manusia dari jalan yang lurus, dari arah mana saja dan dengan cara apa saja, sebagaimana ikrar pernyataannya, “Kemudian aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang mereka, dari arah kanan, dan dari arah kiri mereka,” (Surat Al-A‘raf ayat 17).   

Karena itu, wajarlah jika melalui satu firman-Nya, Allah mempertanyakan sikap manusia yang cenderung menjadikan Iblis dan keturunannya sebagai pemimpin atau penolong selain diri-Nya? Pasalnya, bagi manusia Iblis jelas-jelas merupakan musuh yang nyata. “Patutkah kalian menjadikan dia (Iblis) dan turunannya sebagai pemimpin selain-Ku, sedangkan mereka adalah musuh kalian?” (Surat Al-Kahfi ayat 50). 

Dalam retorika Arab, ayat tersebut disampaikan dengan gaya bahasa istifham inkari atau pertanyaan negatif. Ini memberikan pesan bahwa sesungguhnya manusia sama sekali tidak pantas menjadikan Iblis dan keturunannya sebagai auliya (pemimpin/penolong) selain Allah. Alasannya, Iblis merupakan musuh nyata mereka. Musuh yang terbaik sekali pun, tidak ada yang menginginkan pihak lawannya selamat. Demikian halnya dengan Iblis terhadap manusia.      

Kendati demikian, manusia sering kali tidak sadar akan tipu dayanya, baik pada saat bermaksiat maupun pada saat beribadah. Yang lebih berbahaya lagi adalah tipu dayanya pada saat mereka beribadah. Karena merasa sedang beribadah, mereka tidak menyadari jika dirinya bisa diselewengkan oleh Iblis dan keturunannya dari jalan yang benar. Padahal, dengan sangat mudahnya ia menggoda mereka, seperti melalui sifat riya, senang pamer, perasaan lebih baik, tidak ikhlas, dan seterusnya. 

Atas dasar itu, penting sekali kita mengetahui Iblis dan tipu dayanya. Tujuannya agar kita tetap waspada dari godaan, kedengkian, dan tipu muslihatnya, di mana pun dan dalam keadaan apa pun. Hanya saja, dalam menjalankan misinya, Iblis tidak sendirian, melainkan dibantu oleh keturunannya, yakni para setan, sebagaimana disebutkan dalam Surat Al-Kahfi ayat 50 di atas. Mengutip riwayat Mujahid, (Lihat At-Thabari, [Mu’assasatur Risalah: 2000 M], cetakan pertama, jilid XVIII, halaman 43) menyebutkan bahwa ada lima setan keturunan Iblis. 

Pertama, setan Zalanbur. Dia adalah shâhib al-aswâq atau setan penggoda manusia di pasar-pasar. Tujuannya agar mereka berlaku curang, bersumpah palsu, mengelabui pembeli, berperilaku boros atau menghamburkan uang, dan sebagainya. Karena itu, sebaiknya kurangi masuk pasar, sebab pasar merupakan tempat kelalaian dan tempat setan-setan jahat, baik setan jin maupun setan manusia. 

Kendati sangat diperlukan untuk memasukinya, seperti untuk berdagang atau berbelanja, maka perbanyaklah berlindung kepada Allah dari keburukannya:

   اَللَّهُمَّ إِنّي أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَكْسِبَ فِيْهَا يَمِيْناً فَاجِرَةً أَوْ صَفْقَةً خَاسِرَةً 

Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan sumpah palsu dan transaksi yang merugikan di pasar.” Atau, berdoa sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW berikut ini:

 لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَه، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ يُحْيي وَيُمِيْت، بيَدِهِ الخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِير  

Artinya, “Tiada tuhan selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Hanya milik-Nya seluruh kerajaan. Hanya miliknya seluruh pujian/kebaikan. Dialah Dzat yang maha menghidupkan dan mematikan. Di tangan-Nya seluruh kebaikan. Dan Dia adalah Dzat yang maha kuasa atas segala sesuatu.” 

Kedua, setan Tsabur. Dia adalah shâhib al-masha’ib atau setan penggoda manusia yang tengah ditimpa musibah. Tujuannya agar manusia yang digoda benci terhadap ketetapan Allah, tidak sabar dalam menghadapi ujian, bahkan tak jarang membujuknya untuk mengakhiri hidup atau meminta kematian agar terlepas dari jeratan musibah atau ujian. 

Padahal, Rasulullah SAW telah melarang semua itu. Yang dianjurkannya saat ujian datang adalah bersabar, mengharap pahalanya dari Allah, dan menyerahkan segala urusan kepada-Nya. Sesungguhnya, Allah telah memuji orang-orang yang bersabar dan menjanjikan balasan besar bagi mereka. 

Ketiga, setan A‘war. Dia adalah shâhib al-zinâ atau setan penggoda manusia berbuat zina. Setan inilah yang membuat manusia merasa indah, tertarik, dan tergoda oleh tampilan lawan jenisnya. Selanjutnya, dia membujuk mereka melakukan perbuatan nista. 

Setelah perbuatan nista terjadi, biasanya setan pergi berlepas diri lalu kembali lagi menimpakan penyesalan atas apa yang telah mereka lakukan. Saat itulah dia kembali membujuk agar mereka berani melakukan pembunuhan, baik terhadap perempuan rekan zinanya atau terhadap bayi hasil perzinaan mereka. Setan ini pula yang dimaksud Rasulullah SAW dalam haditsnya, “Janganlah seorang dari kalian berduaan dengan perempuan (yang bukan haknya), sebab pihak ketiganya adalah setan.”  Keempat, setan Masuth. Dia adalah shâhib al-akhbar atau setan penggoda manusia agar membuat atau menyebarkan berita bohong (hoaks). 

Setan ini pula yang membisiki para tukang ramal atau tukang sihir dengan berbagai kebohongan yang dibuatnya. Ia tampil bak sosok yang paling tahu urusan gaib. Padahal, yang menguasai perkara gaib hanya Allah. Dalam hadits al-Bukhari, Rasulullah SAW pernah ditanya tentang tukang ramal. Beliau menjawab, “Mereka itu tidak tahu apa-apa.” Ditanya lagi, “Mengapa terkadang mereka menyampaikan sesuatu yang benar kepada kami?” Beliau membantah, “Berita yang diterima dari jin (setan) itu mungkin saja ada yang benar. 

Namun, setelah dicampuri dengan seratus kebohongan.” Orang yang percaya atau membenarkan apa kata tukang ramal, oleh Rasulullah SAW dinyatakan sebagai orang yang kufur terhadap apa yang diturunkan kepada dirinya. Bahkan, dalam hadits lain diancam dengan tidak diterima shalat selama empat puluh hari. Na‘udzu billah.  

Kelima, setan Dasim. Dia adalah shâhib al-buyût atau setan penggoda di rumah. Kebiasaannya antara lain turut masuk masuk dengan orang yang masuk rumah tanpa menyebut nama Allah dan mengucapkan salam sehingga ketika seseorang masuk rumah tak mengucap nama Allah, maka setan ini turut masuk dan terlibat dalam segala aktivitas di dalamnya, seperti makan, minum, tidur, bahkan berhubungan suami istri. Pantaslah Rasulullah SAW senantiasa berlindung dari godaannya. Antara lain melalui doa berikut:

 أَعُوذُ بِاللهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ، مِنْ هَمْزِهِ، وَنَفْخِهِ، وَنَفْثِهِ 

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah, yang maha mendengar dan maha melihat, dari setan yang terkutuk, baik dari godaan, tiupan, maupun dari sihirnya.” Demikianlah keturunan Iblis dan tipu dayanya, sebagaimana yang disampaikan oleh Mujahid. Semoga uraian ini kian meningkatkan kewaspadaan kita semua dari segala bentuk tipu daya dan godaan setan. Sebetulnya, masih banyak lagi riwayat yang menyebutkan nama-nama setan lainnya, seperti setan penggoda saat wudhu, shalat, mengaji, dan sebagainya. Namun, insya Allah, dapat diuraikan pada kesempatan lainnya.