This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

Jumat, 05 Oktober 2012

RPP dengan metode jigsaw makalah Mengganti Mid semester UTP Drs. Soekirno, M.Pd

RPP dengan metode jigsaw makalah Mengganti Mid semester UTP Drs. Soekirno, M.Pd - Metode  jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif di mana siswa, bukan guru, yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam melaksanakan pembelajaran. Tujuan dari jigsaw ini adalah mengembangkan kerja tim, ketrampilan belajar kooperatif, dan menguasai pengetahuan secara mendalam yang tidak mungkin diperoleh apabila mereka mencoba untuk mempelajari semua materi sendirian.
Setiap siswa yang ada di “kelompok awal” mengkhususkan diri pada satu bagian dari sebuah unit pembelajaran. Para siswa kemudian bertemu dengan anggota kelompok lain yang ditugaskan untuk mengerjakan bagian yang lain, dan setelah menguasai materi lainnya ini mereka akan pulang ke kelompok awal mereka dan menginformasikan materi tersebut ke anggota lainnya.

Semua siswa dalam “kelompok awal” telah membaca materi yang sama dan mereka bertemu serta mendiskusikannya untuk memastikan pemahaman.

Mereka kemudian berpindah ke “kelompok jigsaw” – dimana anggotanya berasal dari kelompok lain yang telah membaca bagian tugas yang berbeda. Dalam kelompok-kelompok ini mereka berbagi pengetahuan dengan anggota kelompok lain dan mempelajari materi-materi yang baru.

Setelah menguasai materi baru ini, semua siswa pulang ke “kelompok awal” dan setiap anggota berbagi pengetahuan yang baru mereka pelajari dalam kelompok “jigsaw.” Seperti dalam “jigsaw puzzle” (teka-teki potongan gambar), setiap potongan gambar – analogi dari setiap bagian pengetahuan – adalah penting untuk penyelesaian dan pemahaman utuh dari hasil akhir

Jigsaw adalah teknik pembelajaran aktif yang biasa digunakan karena teknik ini mempertahankan tingkat tanggung jawab pribadi yang tinggi.

Fasilitator dapat mengatur strategi jigsaw dengan dua cara:

Pengelompokkan Homogen

Instruksi: Kelompokkan para peserta yang memiliki kartu nomor yang sama. Misalnya, para pe­serta akan diorganisir ke dalam kelompok diskusi berdasarkan apa yang mereka baca. Oleh karena itu, semua peserta yang membaca Bab 1, Bab 2, dst, akan ditempatkan di kelompok yang sama.

Sediakanlah empat kertas lipat, lipatlah masing-masing menjadi dua menjadi papan nama, berilah nomor 1 sampai 4 dan letakkanlah di atas meja.

Kelebihan: Pengelompokan semacam ini memungkinkan peserta berbagi perspektif yang ber­beda tantang bacaan yang sama, yang secara potensial diakibatkan oleh pemahaman yang lebih mendalam terhadap salah satu bab. Potensi yang lebih besar untuk memunculkan proses analisis daripada hanya sekedar narasi sederhana.

Kelemahan: fokusnya sempit (satu bab) dan kemungkinan akan berlebihan.

Pengelompokkan Hiterogen

Instruksi: Tempatkan para peserta yang memiliki nomor yang berbeda-beda untuk duduk ber­sama. Misalnya, setiap kelompok diskusi kemungkinan akan terdiri atas 4 individu: satu yang telah membaca Bab 1, satu yang telah membaca Bab 2, dsb.

Sediakanlah empat kertas lipat, lipatlah masing-masing menjadi dua menjadi papan nama, berilah nomor 1 sampai 4 dan letakkanlah di setiap meja. Biarkan para peserta mencari tempatnya sendiri sesuai bab yang telah mereka baca berdasarkan “siapa cepat ia dapat”.

Kelebihan: Memungkinkan “peer instruction” dan pengumpulan pengetahuan, memberikan pe­serta informasi dari bab-bab yang tidak mereka baca.

Kelemahan: Apabila satu peserta tidak membaca tugasnya, informasi tersebut tidak dapat dibagi/ didiskusikan. Potensi untuk pembelajaran yang naratif (bukan interpretatif) dalam berbagi infor­masi.Makalah Pengganti UTS Drs. Sukirno, M.pd

Rabu, 03 Oktober 2012

Finalis Lomba MPI dan Blog guru tingkat Jateng BPTIKP

Finalis Lomba MPI dan Blog guru tingkat Jateng BPTIKP Perwakilan dari SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Untuk kategori MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif) adalah Wasono, S.Pd, S.Kom guru produktif TKJ dan Lomba Blog guru dikmen tingkat Jateng BPTIKP di wakili oleh Heri Syaifudin, S.Kom guru Produktif Teknik Komputer Jaringan SMK muhammadiyah 3 Surakarta. Semoga menjadikan pengalaman yang berharga dan memberikan kontribusi bagi SMK yang di wakilinya dan bermanfaat bagi SMK-SMK Jawa tengah khususnya.

sumber dari blog http://lomba.bptikp-jateng.net 
Peserta lomba beliau Bapak Wasono, S.Pd, S.Kom ada di urutan No 10 adalah sebagai berikut :
Untuk kategori lomba MPI Presentasi tanggal 4-5 Oktober 2012
Untuk kategori lomba Blog Guru dikmen Presentasi tanggal 9-10 Oktober 2012
mpismk
Peserta lomba blog guru dari SMK Muhammadiyah 3 Surakarta ada di urutan peserta finalis No. 27Finalis Dikmen




Jadwal Babak Final Lomba BPTIKP Prov.Jateng
Kami sampaikan jadwal penyelenggaraan Babak Final Lomba Pengayaan Sumber Belajar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012. Update hari/tanggal : kamis, 04 Oktober 2012

Jadwal Babak Final Dan Lokasi BPTIKP Prov Jateng

Senin, 01 Oktober 2012

Lomba Blog Guru Harus Melakukan konfirmasi kehadiran dan atau tidak hadir ( BPTIKP PROV JATENG )

Khusus untuk LPSB Berbasis Blog bagi guru, mengingat selisih nilai antar finalis hanya pada angka kedua di belakang koma, maka kami memberlakukan sistem konfirmasi. 35 orang finalis yang telah tercantum WAJIB melakukan konfirmasi kehadiran dan/atau ketidakhadirannya melalui email bptikp@yahoo.com paling lambat selasa, 2 oktober 2012 jam 24.00 WIB. Undangan babak final LPSB Berbasis Blog beserta lampirannya akan kami unggah pada rabu, 3 oktober 2012 setelah mendapat kepastian 35 finalis. Bagi para finalis LPSB Berbasis Blog yang tidak hadir pada saat final tanpa melakukan konfirmasi terlebih dahulu, maka yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti lomba dan pelatihan apapun di BPTIKP selama 2 tahun.


Jadwal Babak Final : 
Kami sampaikan jadwal penyelenggaraan Babak Final Lomba Pengayaan Sumber Belajar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012.

Beberapa hal yang perlu kami informasikan :
  • Undangan dan Lokasi dapat diunduh di menu sebelah.
  • Peserta diharapkan membawa :
  1. Surat Tugas dari Kepala Sekolah
  2. Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  3. Formulir pendaftaran dan pernyataan asli (untuk kategori web sekolah dan blog guru)
  • Peserta wajib menggunakan Komputer panitia untuk presentasi.
  • Waktu untuk presentasi dan wawancara maksimal 30 menit untuk setiap peserta
  • Khusus untuk LPSB Berbasis Blog bagi guru, mengingat selisih nilai antar finalis hanya pada angka kedua di belakang koma, maka kami memberlakukan sistem konfirmasi. 35 orang finalis yang telah tercantum WAJIB melakukan konfirmasi kehadiran dan/atau ketidakhadirannya melalui email bptikp@yahoo.com paling lambat selasa, 2 oktober 2012 jam 24.00 WIB. Undangan babak final LPSB Berbasis Blog beserta lampirannya akan kami unggah pada rabu, 3 oktober 2012 setelah mendapat kepastian 35 finalis. Bagi para finalis LPSB Berbasis Blog yang tidak hadir pada saat final tanpa melakukan konfirmasi terlebih dahulu, maka yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti lomba dan pelatihan apapun di BPTIKP selama 2 tahun
  • Informasi dan komunikasi dapat juga dilakukan melalui facebook.com/bptikpjateng
Link Peserta Lomba
 
Informasi ini anda dapat membaca lebih jelas dan lebih tahu kebenaranya di blog bptikp provinsi jateng klick disini semoga informasi uptodate ini dapat menyebarkan (shared) informasi penting ini lebih cepat kepada peserta finalis lomba. sekian dan terimaksih.

  • Harap selalu up to date dan melihat blog lomba bptikp prov jateng. pada saat undangan babak final Rabu, 3 oktober 2012. by Heri Syaifudin SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Lomba Blog Guru Dikmen Provinsi Jawa Tengah tahun 2012.

Sumber : http://lomba.bptikp-jateng.net

Matematika SHADAQAH

Teori ini saya dapatkan saat membaca wall facebook bapak Irwan Tri Purnomo, S.Pd Guru Matematika SMK muhammadiyah 3 Surakarta, walau beliau adalah guru matematika dan terkenal harus logis harus terstruktur untuk mengutarakan pendapan-pendapat menurutnya, numun tidak saya sangka-sangka ada versi matematika Shadaqah. inilah menurut rancangan matematika versi islam menurut guru Matematika Irwan Tri Purnomo, S.Pd sebagai berikut ;
Matematika SHADAQAH
QS. Al-Baqarah 261

261. perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.

RUMUS MATEMATIKA SHADAQAH

Secara Matematika misalkan kita mengurangkan sesuatu maka secara otomatis yang kita kurangi tersebut nilainya akan berkurang, hal ini adalah sesuatu yang normal dan berlaku umum. Namun, mari kita kaji hal ini menggunakan pendekatan Islam.

Dalam Islam kita mengenal istilah Zakat, Infak dan Shadaqah. Secara umum istilah tersebut mengacu pada pengurangan harta yang kita miliki untuk diberikan kepada yang berhak untuk menerima. Namun istilah tersebut juga akan berarti secara khusus setelah dikaji perbagian.

Disini kita tidak akan membahas tentang perbedaan istilah tersebut, yang kita bahas adalah pengertian dari kesamaan ketiga istilah tersebut, yaitu pengurangan harta yang kita miliki.

Jika kita melihatnya secara dangkal, maka apabila kita mengeluarkan Zakat, Infak atau Shadaqah, secara hitungan awam harta kita berkurang. Tapi mari kita kaji dengan menggunakan dalil diatas, dalam QS AL-Baqarah 261, disebutkan bahwa jika kita membelanjakan harta kita dijalan Allah S.W.T, maka harta kita akan dibalas menjadi 700 kali dari yang kita keluarkan.

Jadi, untuk menghitung Zakat, Infak atau Shadaqah kita jangan menggunakan matematika biasa, dalam hal ini kita gunakan matematika shadaqah.

Matematika Shadaqah secara teori matematika juga merupakan sebuah operasi biner, misalkan kita definisikan saja Matematika Shadaqah dengan:

S(-*) =( a –* b )= (a – b )+ (700b)

Misalkan kita menshadaqahkan 1 dari 10 harta yang kita miliki, maka sebenarnya nilai harta kita bukanlah menjadi 9, tetapi akan menjadi:

S(-*) = (10 –* 1) = (10 – 1 ) + (700.1) = 709.

Jadi harta kita bernilai 709.

Sandainya kita menshadaqahkan 3 dari 10 harta yang kita miliki, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

S(-*) = (10 –* 3) = (10 – 3 ) + (700.3) = 7 + 2100 = 2107, sehingga nilai harta kita akan menjadi 2107. Dan seterusnya seperti itu. Dasar perhitungan diatas adalah dalil pada QS. Albaqarah ayat 261.

Lalu apakah balasan yang seperti itu akan langsung kita dapati? Allah SWT maha kaya dan maha mengetahui, jadi Allah SWT. akan membalasnya dengan cara-cara yang tidak dipahami oleh manusia.

Jadi tunggu apalagi, mari berinfak, shadaqah dan bagi yang sudah mempunyai kewajiban zakat segeralah berzakat.

Referensi:

Alqur’anul Karim

Buku Panduan Zakat LazisMU: Zakat itu Hebat

Lomba BPTIKP Tingkat Prov Jateng

Lomba BPTIKP Tingkat Prov Jateng - Update 01 Oktober 2012, Jadwal penyelenggaraan Babak Final Lomba Pengayaan Sumber Belajar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012.

Beberapa hal yang perlu kami informasikan :
  • Undangan dan Lokasi dapat diunduh di menu sebelah.
  • Peserta diharapkan membawa :
  1. Surat Tugas dari Kepala Sekolah
  2. Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  3. Formulir pendaftaran dan pernyataan asli (untuk kategori web sekolah dan blog guru)
Jadwal : Lomba BPTIKP Tingkat Prov Jateng
  • Peserta wajib menggunakan Komputer panitia untuk presentasi.
  • Waktu untuk presentasi dan wawancara maksimal 30 menit untuk setiap peserta
Tempat  klick disini
  1. Finalis tersebut adalah untuk kategori MPI (Media Pembelajaran Interaktif) SMK se Jawa Tengah di SMK muhammadiyah 3 Surakarta di wakili oleh beliau Bapak Wasono, S.Pd, S.Kommpismk
  1. Finalis lomba blog guru dikmenFinalis Dikmen


sumber : blog provinsi jawa tengah klick disini lomba.bptikp-jateng.net'


contoh lampiran surat pernyataan

Lampiran Surat Rekomentasi dari instansi terkait


Membuat desain sistem keamanan dalam jaringan

Keamanan Jaringan Komputer terutama jika kita menghubungkan komputer misalnya di lab komputer, kantor atau jaringan komputer rumah. Keamanan jaringan melibatkan otorisasi akses ke data dalam jaringan, yang dikendalikan oleh administrator jaringan. Pengguna memilih atau mempunyai ID dan password atau informasi otentikasi lain yang memungkinkan mereka akses ke informasi dan program-program dalam otoritas mereka.
Keamanan jaringan mencakup berbagai jaringan komputer, baik negeri maupun swasta, yang digunakan dalam pekerjaan sehari-hari melakukan transaksi dan komunikasi di kalangan bisnis, instansi pemerintah dan individu.Ulangan Harian Desain Keamanan Jaringan
Jika diamati mengenai keamanan maka keamanan jaringan komputer dapat ditinjau dari segi bentuknya yaitu seperti berikut:
1)      Keamanan hardware
Keamanan hardware berkaitan dengan perangkat keras yang digunakan dalam jaringan komputer. Keamanan hardware sering dilupakan padahal merupakan hal utama untuk menjaga jaringan dari agar tetap stabil. Dalam keamanan hardware, server dan tempat penyimpanan data harus menjadi perhatian utama. Akses secara fisik terhadap server dan data-data penting harus dibatasi semaksimal mungkin.
Akan lebih mudah bagi pencuri data untuk mengambil harddisk atau tape backup dari server dan tempat penyimpanannya daripada harus menyadap data secara software dari jaringan. Sampah juga harus diperhatikan karena banyak sekali hacker yang mendatangi tempat sampah perusahaan untuk mencari informasi mengenai jaringan komputernya. Salah satu cara mengamankan hardware adalah menempatkan di ruangan yang memiliki keamanan yang baik. Lubang saluran udara perlu diberi perhatian karena dapat saja orang masuk ke ruangan server melaui saluran tersebut. Kabel-kabel jaringan harus dilindungi agar tidak mudah bagi hacker memotong kabel lalu menyambungkan ke komputernya.
Akses terhadap komputer juga dapat dibatasi dengan mengeset keamanan di level BIOS yang dapat mencegah akses terhadap komputer, memformat harddisk, dan mengubah isi Main Boot Record (tempat informasi partisi) harddisk. Penggunaan hardware autentifikasiseperti smart card dan finger print detector juga layak dipertimbangkan untuk meningkatkan keamanan.
2)      Keamanan software.
Sesuai dengan namanya, maka yang harus diamankan adalah perangkat lunak. Perangkat lunak yang kita maksud disini bisa berupa sistem operasi, sistem aplikasi, data dan informasi yang tersimpan dalam komputer jaringan terutama pada server. Contohnya, jika server hanya bertugas menjadi router, tidak perlu software web server dan FTP server diinstal. Membatasi software yang dipasang akan mengurangi konflik antar software dan membatasi akses, contohnya jika router dipasangi juga dengan FTP server, maka orang dari luar dengan login anonymous mungkin akan dapat mengakses router tersebut.
Software yang akan diinstal sebaiknya juga memiliki pengaturan keamanan yang baik. Kemampuan enkripsi (mengacak data) adalah spesifikasi yang harus dimilki oleh software yang akan digunakan, khusunya enkripsi 128 bit karena enkripsi dengan sistem 56 bit sudah dapat dipecahkan dengan mudah saat ini. Beberapa software yang memiliki lubang keamanan adalah mail server sendmail dan aplikasi telnet. Sendmail memiliki kekurangan yaitu dapat ditelnet tanpa login di port (25) dan pengakses dapat membuat email dengan alamat palsu. Aplikasi telnet memiliki kekurangan mengirimkan data tanpa mengenkripsinya (mengacak data) sehingga bila dapat disadap akan sangat mudah untuk mendapatkan data.
Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah password. Sebaiknya diset panjang password minimum unutk mempersulit hacker memcahkan password. Password juga akan semakin baik jika tidak terdiri huruf atau angak saja, huruf kecil atau kapital semua, namun sebaiknya dikombinasi. Enkripsi dapat menambah keamanan jaringan dengan cara mengacak password dan username, baik dalam record di host maupun pada saat password dan username itu dilewatkan jaringan saat melakukan login ke komputer lain.
Routing tidak terlepas pula dari gangguan keamanan. Gangguan yang sering muncul adalah pemberian informasi palsu mengenai jalur routing (source routing pada header IP). Pemberian informasi palsu ini biasanya dimaksudkan agar datagram-datagram dapat disadap. Untuk mencegah hal seperti itu, router harus diset agar tidak mengijinkan source routing dan dalam protokol routing disertakan autentifikasi atau semacam password agar informasi routing hanya didapat dari router yang terpercaya.

Kamis, 27 September 2012

FINALIS LOMBA BPTIKP PROV JATENG

FINALIS LOMBA BPTIKP PROV JATENG - Undangan dan Lampiran dapat di unduh di website lomba bptik jateng http://lomba.bptikp-jateng.net   klick menu download finalisnya. SMK Muhamadiyah 3 Surakarta yang ikut finalis dalam lomba MPI (media pembelajaran interaktif) Fisika adalah beliu bapak WASONO, S.Pd, S.Kom. Semoga menjadikan Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Surakarta lebih baik dengan model pembelajaran Interaktif yang sudah di terapkan oleh beliau bapak WASONO, S.Pd, S.Kom. Perwakilan dari Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Surakarta.

Kami sampaikan jadwal penyelenggaraan Babak Final Lomba Pengayaan Sumber Belajar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012.

Jenis Lomba
Jenjang
Babak Penyisihan
Babak Final
Tempat
Keterangan


Website Sekolah
Dikdas

1 - 2 Okt
Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Jl. Prof. Dr. Hamka No. 15 Ngaliyan Semarang Telp. 024 7602222  http://goo.gl/maps/DIx7b
Check In : Hari I jam 07.00 - 09.00 WIB

Dikmen

1 - 2 Okt


MPI
SD

2 - 3 Okt
Pembukaan : hari I jam 09.00 WIB

SMP

3 - 4 Okt


SMA

4 - 5 Okt
Penjurian : Dimulai hari I jam 09.30 WIB

SMK

4 - 5 Okt


Blog Guru
Dikdas
24 -25 sept
8 - 9 Okt
Check Out : Hari kedua jam 08.00 WIB

Dikmen
26-27 sept
9 - 10 Okt



  • Undangan dan Lokasi dapat diunduh di menu sebelah.
  • Peserta diharapkan membawa :
  1. Surat Tugas dari Kepala Sekolah
  2. Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  3. Formulir pendaftaran dan pernyataan asli (untuk kategori web sekolah dan blog guru)
  • Peserta wajib menggunakan Komputer panitia untuk presentasi.
  • Waktu untuk presentasi dan wawancara maksimal 30 menit untuk setiap peserta
 SOURCH :  BLOG BPTIK JATENG
bgdikmen-1mpismk.Undangan Finalislampiran undangan finalis