Syekh Nawawi Banten dalam kitab tafsirnya Marâh Labîd menjelaskan ada sejumlah kemungkinan dari ayat di atas yaitu pertama bahwa apabila Allah SWT tidak membalaskan bagi orang yang dizalimi atas kezaliman yang dilakukan seorang hamba-Nya yang menzalimi, maka ada salah satu kemungkinan yang terjadi pada zat Allah, namun hal itu mustahil terjadi pada-Nya.
Kedua, kemungkinan itu bisa jadi Allah lalai dan lupa akan orang yang bertindak zalim tersebut. Jelas hal ini tidak mungkin terjadi pada Allah SWT. Tak mungkin Dia memiliki sifat lalai atau lupa pada apa dan siapa pun.
Ketiga, bisa jadi Allah SWT lemah tak mampu untuk melakukan pembalasan. Hal ini juga jelas mustahil. Tak mungkin Allah SWT tidak mampu melakukan pembalasan kepada hamba-Nya sendiri.
Keempat, Allah ridha dengan tindak kezaliman yang dilakukan sang hamba. Ini juga tidak mungkin mengingat Allah SWT sendiri yang mengharamkan para hamba-Nya melakukan tindak kezaliman di antara sesama hamba.
Bahkan dalam berbagai ayat Allah juga menyatakan tidak akan berbuat zalim kepada para hamba-Nya. Karenanya tidak mungkin bila Allah SWT ridha terhadap suatu kezaliman sehingga tak melakukan pembalasan. Ketiga, kemungkinan tersebut semuanya adalah hal yang tak mungkin terjadi pada Allah SWT.
Kemungkinan-kemungkinan di atas mustahil bagi Allah SWT, maka bisa dipastikan setiap tindak kezaliman yang dilakukan seorang hamba kelak akan dibalas Allah. Hanya saja balasan tersebut tidak segera dilakukan di dunia. Allah menangguhkannya sampai kelak datangnya hari kiamat di mana setiap mata akan terbelalak menyaksikan kedahsyatan yang terjadi di sana.
Imam Al-Husain bin Mas’ud Al-Baghawi di dalam kitab tafsirnya Ma’âlimut Tanzîl menuturkan bahwa ayat di atas merupakan pelipur bagi orang-orang yang dizalimi dan juga ancaman bagi siapa saja yang berbuat zalim.
Mereka yang menerima perlakuan yang tidak semestinya tak perlu risau karena pada hari kiamat kelak Allah akan memberikan pahala berlipat baginya dan membalas pelakunya dengan balasan setimpal. Sementara setiap orang yang berlaku zalim mesti segera meminta maaf kepada yang dizaliminya karena balasan dari Allah pasti adanya.
Di era digital sekarang ini ayat ini juga menjadi alarm bagi kita untuk berhati-hati dalam berinteraksi melalui dunia maya. Menggunakan media sosial secara baik, benar dan cerdas adalah satu pilihan yang menjadikan kita bisa terhindar dari ancaman ayat tersebut.