Jumat, 14 September 2012

RPP dan Administrasi Guru (SMK Muhammakdiyah 3 Surakarta)

SELESAI LIBURAN HARI RAYA ini sebenarnya banyak hal yang harus dipersiapkan oleh guru untuk mengajar di tahun ajaran 2012/2013. Setelah tidak memikirkan kegiatan sekolah selama beberapa minggu, ada baiknya saat ini para guru mulai mempersiapkan segala sesuatu, termasuk administrasi, perangkat pengajaran yang akan digunakan di tahun ajaran mendatang.
RPP SMK Muhammadiyah 3 Surakarta by Heri Syaifudin
SILABUS dan RPP
Di beberapa sekolah kebiasaan mengumpukan silabus dan rpp di awal tahun ajaran baru merupakan keharusan dan wajib dibuat. Meskipun silabus dan rpp merupakan kewajiban yang harus dipenuhi, para guru sebaiknya tidak terjebak dengan urusan administrasi. Jangan sampai urusan administrasi menggangu inti dari kewajiban Anda sebagai pengajar. Menurut saya, administrasi pengajaran bukanlah yang utama, karena administrasi pengajaran hanyalah pendukung dalam proses kegiatan belajar-mengajar.

Strategi dan metode pengajaran yang menyenangkan bagi saya jauh lebih penting daripada urusan perangkat pengajaran. Meskipun strategi dan metode pengajaran terdapat dalam silabus dan rpp, tetapi bagi kebanyakan guru silabus dan rpp terkadang hanya dianggap “yang penting mengumpulkan”.
Sebelum para guru menyiapkan strategi dan metode pengajaran, ada baiknya guru juga membuat refleksi mengenai apa yang telah diajarkan pada tahun ajaran sebelumnya. Apa yang kurang dan tidak sampai ke siswa, sebaiknya menjadi catatan tersendiri agar dapat ditingkatkan.

Saya juga akan men-Sharedkan SILABUS TKJ  yang saya gunakan untuk mengajar Silabus, Pemetaan Standart Kompetensi, Promes, Protah, KKM dan RPP plus Cover Siap print. Download Link RPP dan Silabus SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Semoga bermanfaat.

Reaksi: