Sabtu, 03 November 2012

Mantenance Printer IP Series yang Ngebling atau lampu indikator yang kelip-kelip tidak bisa Ngeprint

Printer Series - Mantenance Printer IP Series yang Ngebling atau lampu indikator yang kelip-kelip tidak bisa Ngeprint, karena saat ini bagi orang-orang tertentu merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dalam hidupnya. Printer saat ini juga sudah berkembang ke wilayah pedesaan, padahal dulu kebanyakan pengguna mesin printer hanyalah orang-orang perkotaan saja. Harga printer pun saat ini juga bisa dijangkau oleh kalangan menengah kebawah, dengan uang kurang lebih Rp. 500.000 seseorang sudah bisa membeli sebuah mesin printer baru. Cukup dengan harga seperti itu orang tidak hanya bisa mencetak naskah teks atau gambar hitam putih saja, tapi juga bisa mencetak gambar berwarna sesuai aslinya bahkan juga bisa mencetak photo.
Dalam penggunakan mesin printer tentu saja tidak selamanya berjalan dengan mulus, terkadang juga mengalami suatu kerusakan pada bagian-bagian mesin printer, sehingga printer tidak bisa berjalan sesuai dengan mestinya. Print head rusak dan mesin ngeblink itu adalah kerusakan yang paling sering terjadi pada sebuah mesin printer.
Nah…… pada posting kali ini saya akan memberikan Tips Memperbiki Printer Jenis Canon IP Series yang sedang Ngeblink. dalam hal ini printer IP series yang saya maksud adalah iP 1200, 1300, 1600, 1800, 1880, 2200, 2500. Apa itu ngeblink…..??? ngeblink maksudnya adalah kerusakan mesin printer yang ditandai dengan lampu indikator pada printer berkedip-kedip merah hijau merah hijau sewaktu dinyalakan, dan tidak bisa beroperasi.
Untuk memperbaiki printer yang ngeblink ada dua cara, yaitu dengan cara manual dan dengan bantuan software.
Untuk cara manual langkahnya adalah :
1. Cabut kabel power pada mesin printer.
2. Tekan dan tahan tombol power mensin printer mengunakan jari-jari (maksudnya saya pake jari tangan bukan jari kaki ya…. heeheh :) ), kemudian tancapkan kembali kabel power yang baru dicabut tadi. Maka lapu indikator akan menyala hijau.
3. Kemudian lepaskan jari dari tombol mesin printer. maka lapu indikator yang menyala hijau tadi akan mati
4. Kemudian tekan lagi hingga menyala lagi. (tanpa cabut pasang kabel power lagi)
5. Printer tidak ngeblink lagi dehhhh…… selamat ya????
(untuk cara manual ini jika kabel power dicabut dari mesin printer, atau ada listrik mati, maka printer akan kembali ngeblink lagi… dan cara mengatasinya lakukan langkah di atas lagi)

  • Ok Bro Download driverRe ning KenE ae!
Catatan penting bro !!! prosedurre...
  • Karena aplikasinya saya kompres dengan winrar, (iPTool.rar) maka kamu harus extract dulu pake aplikasi winrar juga. (Software ini dalam menjalankannya tidak perlu melakukan instalasi, cukup extrak dan open aja..)
  • Nyalakan dulu mesin printer.
  • Setelah printer nyala, barulah kamu buka aplikasinya iPTool 1.1.5
  • Coba perhatikan pada bagian kanan jendela, jiak ada tulisan jenis printer yang tampak sama dengan printer sesungguhnya itu tandanya mesin printer dan aplikasi sudah kompatibel.
  • Cari tulisan EEPROM Operations, untuk menghilangkan blink pada printer tekan Tombol Reset
  • Selesai/finish/ utawi Rampung
(dengan cara reset menggunakan sofware ini, meskin kabel power pada printer di cabut atau listrik mati, mesin printer tidak ngeblink lagi)
Semoga berguna lan bermaanfaat bro.... goodluck yo bro....

Reaksi: