This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

Senin, 07 Februari 2011

Kode telepon SLI

TU (International Telecommunication Union) adalah sebuah badan dunia yang berkedudukan di Jenewa (Swiss) yang membuat standar informasi dan komunikasi dunia. Salah satu prosedur yang dikeluarkan yaitu rekomendasi E.164 (Mei 1997) mengenai hubungan telekomunikasi antar negara via telepon menggunakan prefix IDD (International Direct Dialling). Prefix IDD di Indonesia lebih dikenal dengan kode SLI (sambungan Langsung Internasional). Untuk melakukan hubungan tersebut kita hanya cukup menekan :
kode operator SLI + kode SLI + telepon tujuan
sebagai contoh untuk telepon ke Afghanistan dari Indonesia : 008 93 21456798
Sejak keterbukaan informasi, kini tersedia banyak operator yang melayani fasilitas SLI. Selain itu, berkembangnya teknologi internet juga telah melahirkan VoIP (Voice Over IP), yaitu melakukan komunikasi suara melalui jalur data. VoIP juga telah membuka peluang usaha dengan keluarnya kebijakan pemerintah tentang penyelenggaraan Jaringan Tetap Internasional. Dengan VoIP, komunikasi antar negara menjadi lebih murah dan bisa dinikmati semua kalangan. Untuk kode operator SLI tersedia berbagai pilihan sesuai yang diberikan operator penyelenggaranya (001, 007, 008, 017, 01016, 01017, 01010, hingga 010XY) dan bisa dibandingkan kualitas suara hingga tarif satu sama lainnya. Berikut kode SLI negara-negara tersebut. :
No Negara Kode Negara
1 Afghanistan 93
2 Afrika Selatan 27
3 Afrika Tengah ,Rep 236
4 Albania 355
5 Algeria 213
6 Amerika Serikat 1
7 Andorra 376
8 Angola 244
9 Anguilla 1-264
10 Antigua dan Barbuda 1-268
11 Antilles Belanda 599
12 Argentina 54
13 Armenia 374
14 Aruba 297
15 Ascension 247
16 Australia 61
17 Austria 43
18 Azerbaijan 994
19 Bahamas 1-242
20 Bahrain 973
21 Bangladesh 880
22 Barbados 1-246
23 Belanda 31
24 Belarus 375
25 Belgia 32
26 Belize 501
27 Benin, Rep 229
28 Bermuda 1-441
29 Bhutan 975
30 Bolivia 591
31 Bosnia and Herzegovina 387
32 Botswana 267
33 Brazil 55
34 British Virgin Kep. 1-284
35 Brunei Darussalam 673
36 Bulgaria 359
37 Burkina Faso 226
38 Burundi 257
39 Cape Verde Kep. 238
40 Cayman Kep. 1-345
41 Ceko Rep 420
42 Chad Republic 235
43 Chili 56
44 China 86
45 Christmas Kep. 61-8
46 Cook Kep. 682
47 Cyprus 357
48 Denmark 45
49 Diego Garcia 246
50 Djibouti 253
51 Dominika 1-767
52 Dominikan Republic 1-809 / 1-829
53 Ekuador 593
54 El Salvador 503
55 Equitorial Guinea 240
56 Eritrea 291
57 Eslandia 354
58 Estonia 372
59 Ethiopia 251
60 Falkland Kep. 500
61 Faroe Kep. 298
62 Fiji Kep. 679
63 Filipina 63
64 Finlandia 358
65 Gabon Rep 241
66 Gambia 220
67 Georgia 995
68 Ghana 233
69 Gibraltar 350
70 Greenland 299
71 Grenada and Carriacuou 1-473
72 Grenadin Kep. 784
73 Guadeloupe 590
74 Guam 1-671
75 Guatemala 502
76 Guinea, Bissau 245
77 Guinea, Rep 224
78 Guyana 592
79 Haiti 509
80 Honduras 504
81 Hong Kong 852
82 Hungaria 36
83 India 91
84 Indonesia 62
85 Inggris 44
86 Irak 964
87 Iran 98
88 Irlandia 353
89 Israel 972
90 Italia 39
91 Jamaika 1-876
92 Jepang 81
93 Jerman 49
94 Kamboja 855
95 Kamerun 237
96 Kanada 1
97 Kazakhstan 7
98 Kenya 254
99 Kiribati 686
100 Kolombia 57
101 Komoro 269
102 Kongo 242
103 Korea Selatan 82
104 Korea Utara 850
105 Kosovo 422
106 Kosta Rica 506
107 Kroasia 385
108 Kuba 53
109 Kuracao 599
110 Kuwait 965
111 Kyrgyzstan 996
112 Laos 856
113 Latvia 371
114 Lesotho 266
115 Libanon 961
116 Liberia 231
117 Libya 218
118 Liechtenstein 423
119 Lithuania 370
120 Luxembourg 352
121 Macao 853
122 Macedonia 389
123 Madagaskar 261
124 Maladewa 960
125 Malawi 265
126 Malaysia 60
127 Mali Rep 223
128 Malta 356
129 Mariana Kep. 1-670
130 Maroko 212
131 Marshall Kep. 692
132 Martinique 596
133 Mauritania 222
134 Mauritius 230
135 Mayotte Kep. 269
136 Mesir 20
137 Mexico 52
138 Micronesia, Fed States 691
139 Midway Kep. 1-808
140 Miquelon & St. Pierre 508
141 Moldova 373
142 Monako 377
143 Mongolia 976
144 Montenegro 382
145 Montserrat 1-664
146 Mozambik 258
147 Myanmar 95
148 Namibia 264
149 Nauru 674
150 Nepal 977
151 Nevis 1-869
152 New Caledonia 687
153 Niger Rep 227
154 Nigeria 234
155 Nikaragua 505
156 Niue 683
157 Norfolk Kep. 61-672
158 Norway 47
159 Oman 968
160 Pakistan 92
161 Palau 680
162 Palestina 970
163 Panama 507
164 Pantai Gading 225
165 Papua New Guinea 675
166 Paraguay 595
167 Peru 51
168 Polandia 48
169 Portugal 351
170 Prancis 33
171 Prancis Guiana 594
172 Prancis Polynesia 689
173 Principe 239
174 Puerto Rico 1-787 / 1-939
175 Qatar 974
176 Reunion Kep. 262
177 Romania 40
178 Rusia 7
179 Rwanda 250
180 Samoa 685
181 Samoa-Amerika 1-684
182 San Marino 378
183 Sao Tome 239
184 Saudi Arabia 966
185 Selandia Baru 64
186 Senegal Rep 221
187 Serbia, Rep 381
188 Seychelles 248
189 Sierra Leone 232
190 Singapura 65
191 Slovakia 421
192 Slovenia 386
193 Solomon Kep. 677
194 Somalia Rep 252
195 Spanyol 34
196 Sri Lanka 94
197 St. Helena 290
198 St. Kitts 1-869
199 St. Lucia 1-758
200 St. Vincent 1-784
201 Sudan 249
202 Suriname 597
203 Swaziland 268
204 Swedia 46
205 Swiss 41
206 Syria 963
207 Taiwan 886
208 Tajikistan 992
209 Tanzania 255
210 Thailand 66
211 Timor Leste 670
212 Togo 228
213 Tokelau 690
214 Tonga 676
215 Trinidad dan Tobago 1-868
216 Tunisia 216
217 Turki 90
218 Turkmenistan 993
219 Turks dan Caicos Kep. 1-649
220 Tuvalu 688
221 Uganda 256
222 Ukraina 380
223 Uni Emirat Arab 971
224 Uruguay 598
225 US Virgin Kep. 1-340
226 Uzbekistan 998
227 Vanuatu 678
228 Venezuela 58
229 Vietnam, Rep 84
230 Wake Kep. 808
231 Wallis and Futuna Kep. 681
232 Yaman 967
233 Yordania 962
234 Yunani 30
235 Zaire 243
236 Zambia 260
237 Zanzibar 259-255
238 Zimbabwe 263

PRESENTASI LAPORAN KERJA PRAKTIK

PRESENTASI LAPORAN KERJA PRAKTIK DI SMK NEGERI 9 SKA. DOWNLOAD

KOMITMEN GURU DAN SISWA KELAS XTKJ SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA

KOMITMEN GURU DAN SISWA KELAS XTKJ  SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA. DOWNLOAD

Sabtu, 22 Januari 2011

PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM ANALISIS HASIL EVALUASI BELAJAR SOAL ULANGAN HASIL ANALISIS ULANGAN HARIAN PROGRAM PERBAIKAN SOAL PERBAIKAN PROGRAM PENGAYAAN SOAL PENGAYAAN 2 0 1 0 / 2 0 1 1

PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM ANALISIS HASIL EVALUASI BELAJAR SOAL ULANGAN HASIL ANALISIS ULANGAN HARIAN PROGRAM PERBAIKAN SOAL PERBAIKAN PROGRAM PENGAYAAN SOAL PENGAYAAN 2 0 1 0 / 2 0 1 1 SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA
DOWNLOAD BY HERI SYAFUDIN

Senin, 17 Januari 2011

RPP Setting PC dan Merakit PC by SMK Muhammadiyah 3 Surakarta

Akhirnya RPP yang saya kerjakan selesai juga puji sukhur kehadiyat allah yang Maha Esa dan Maha Bijaksana, Selalu bimbinglah hambamu yang lemah ini agar menjadi Manusia yang selalu bersukhur kepadamu,



Bagi yang butuh reverensi silahkan download RPP dibawah ini :

Download RPP Setting PC

Download RPP merakit PC

RPP Merakit PC (DKK01) dan RPP Setting PC SMK Muhammadiyah 3 Surakarta

Kamis, 23 Desember 2010

Proyek Membangun CMS tanpa OOP

BAB IV (ANALISA DAN PERANCANAN SISTEM) STMIK DUTA BANGSA SKA

BAB IV (ANALISA DAN PERANCANAN SISTEM) DOWNLOAD

BAB II Tinjauan Umum STMIK DUTA BANGSA SKA

BAB II Tinjauan Umum STMIK DUTA BANGSA SKA, DOWNLOAD

Rabu, 22 Desember 2010

Modul Ansi ( Analisis Sistem )

Selasa, 21 Desember 2010

FOTO

FOTO BU ENY KUSUMAWATI, GURU BP MAU DAFTAR? DOWNLOAD

FOTO

FOTO BU ENY KUSUMAWATI, GURU BP MAU DAFTAR? DOWNLOAD

LAPORAN KERJA PRAKTIK

LAPORAN KERJA PRAKTIK DI SMKN 9 SURAKARTA. MAHASISWA S-1 SISTEM INFORMASI STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA.
DOWNLOAD FILE.zip

COVER KERJA PRAKTEK SMK NEGERI 9 SKA

COVER KERJA PRAKTEK SMK NEGERI 9 SKA, DOWNLOAD

KATA PENGANTAR KP

KATA PENGANTAR KP, DOWNLOAD

AGENDA KERJA PRAKTEK

AGENDA KERJA KP, DOWNLOAD

LAPORAN KP BAB II

LAPORAN KERJA PRAKTIK DI SMK NEGERI 9 SURAKARTA BAB II, DOWNLOAD

LAPORAN KP BAB 1

LAPORAN KERJA PRAKTEK BAB 1 STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA, DOWNLOAD

Spektrum dan Silabus TKJ SMK Muh 3 Surakarta

Spektrum dan Silabus TKJ SMK Muh 3 Surakarta, Download

KARTU SOAL SETTING PC SMK MUHAMMADIYAH 3 SKA

KARTU SOAL SETTING PC SMK MUHAMMADIYAH 3 SKA, DOWNLOAD

KARTU SOAL, KISI-KISI KELAS XTKJ SMK MUH 3 SKA

KARTU SOAL, KISI-KISI KELAS XTKJ SMK MUH 3 SKA, DOWNLOAD

DAFTAR NILAI KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH SURAKARTA

DAFTAR NILAI KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH SURAKARTA, DOWNLOAD

DATA KEMAJUAN PRAKTEK SISWA SMK MUH 3 SURAKARTA

DATA KEMAJUAN PRAKTEK SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA, DOWNLOAD

Minggu, 05 Desember 2010

RPP SET PC SMK MUH 3 SKA

Soal Soal semesteran SMK Muhhammadiyah 3 Surakarta

Soal Soal semesteran SMK Muhhammadiyah 3 Surakarta By Heri Syaifudin, Download

HASIL SELEKSI ADMINISTRASI CPNSD FORMASI TAHUN 2010 PROVINSI JAWA TENGAH

HASIL SELEKSI ADMINISTRASI CPNSD FORMASI TAHUN 2010 PROVINSI JAWA TENGAH DOWNLOAD

Kamis, 04 November 2010

Download soal-soal pilihan ganda kles X TKJ

  1. Software yang dipasang pada chip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar, harddisk, memory, VGA adalah ....
a)      BIOS
b)      Bus
c)      Memory
d)      CMOS
e)      Prosesor
  1. Media penyimpan data berkapasitas besar adalah ....
a)      BIOS
b)      Prosesor
c)      Memory
d)      Harddisk
e)      Disket
  1. Papan rangkaian komputer tempat semua komponen elektronik komputer terangkai disebut ....
a)      Peripheral
b)      Prosesor
c)      keyboard
d)      Harddisk
e)      Disket
  1. Suatu rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pemberi sumber tegangan/arus adalah...
a)      Peripheral
b)      Prosesor
c)      UPS
d)      Stavol
e)      Powersupply
  1. Kepala, ujung perekam, bagian dari drive atau disk yang berfungsi untuk membaca atau menulis adalah ....
a)      Head
b)      Prosesor
c)      Disket
d)      Stavol
e)      Powersupply
  1. Peralatan/Komponen pada PC meliputi unit input, unit proses, dan unit output sering disebut dengan ....
a)      Elemen  Komputer
b)      Sistem Komputer
c)      Data  Komputer
d)      Brainware Komputer
e)      User Komputer
  1. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah....
a)      Mengolah user
b)      Mengolah brainware
c)      Mengolah software
d)      Mengolah data
e)      Mengolah informasi

  1. Kapasitas 2 Mb adalah ....
a)      2048 Kb
b)      2000 Kb
c)      2024 Kb
d)      1024 Kb
e)      1000 Kb

  1. Yang termasuk Software  adalah, kecuali ...
a)      Microsoft Office 2003
b)      Microsoft Office XP
c)      Adobe Photoshob
d)      CorelDraw X3
e)      Harddisk

  1. adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input, disebut dengan ...
a)      Brainware
b)      Input device
c)      Output device


Download klik disini
d)      Operator
e)      Storage device

Rabu, 03 November 2010

Risma Photo

Selasa, 02 November 2010

ktp adi septian klaten untuk ( Kang Ferdi SMK 2 Ska )

Jumat, 29 Oktober 2010

Perbaikan nilai raport

Perbaikan nilai raport Download

Nilai Kelas X

Pada Akhirnya dapat selesai Juga Download

Kamis, 28 Oktober 2010

Lumayan dapat 1 kelas XTKJ.A Merakit PC

Daftar Nama Siswa dan siswi SMK Muhammadiyah Surakarta Tahun 2010/2011

 Daftar Nama Siswa dan siswi SMk Muhammadiyah Surakarta Tahun 2010/2011 Download

Sabtu, 16 Oktober 2010

Data Foto rumah yang harganya 75 Juta ( Eqivalen )

Kapasitas data 65 mega jadi downloadm nya agak lama, uploadnya juga lama :D , monggo di unduh, luas tanah 110 meter persegi. harga 75 semoga bapak bisa nego dengan pemiliknya, sehinggga total sewalik an dengan uang 75 sudah cukup. Download

Jumat, 01 Oktober 2010

Soal Latihan Set PC ( SMK Muh 3 SKA ) Kls X TKJ

MELAKUKAN PERBAIKAN DAN ATAU SETTING ULANG PC

I.     Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat & benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e pada lembar  jawab!

1.    Bunyi speaker yang dikeluarkan komputer pada proses post atau pada saat kesalahan/gangguan tertentu disebut dengan ….
a)    Beep    d) Bus
b)    BIOS    e) Cache Memory
c)    CMOS
2.    Yang dimaksut dengan harddisk adalah ….
a)    Media penyimpan data yang berkapasitas kecil   
b)    Media penyimpan data yang berkapasitas besar   
c)    Media penyimpan data yang berkapasitas besar berbentuk bola
d)    Media penyimpan data yang berkapasitas besar berbentuk belah ketupat
e)    Media penyimpan data yang berkapasitas besar berbentuk piringan plastik
3.    Yang di maksut Motherboard adalah ….
a)    Papan induk, papan rangkaian komputer tempat semua komponen elektronik terangkai   
b)    Papan induk, papan rangkaian komputer tempat semua komponen software perpasang   
c)    Papan utama, papan rangkaian komputer tempat semua hardware & software
d)    Papan induk, papan rangkaian komputer tempat semua aplikasi terangkai   
e)    Papan utama, papan rangkaian komputer tempat semua huruf dan angka
4.    Peralatan, Spesifikasi peralatan pendukung yang dibutuhkan PC agar dapat bekerja optimal disebut dengan ….
a)    Post    d) Peripheral
b)    Tool    e) Pheriperal
c)    Storage
5.    Pada komputer dikenal ada berapa diagnosa ….
a)    Satu    d) Empat
b)    Dua     e) Lima
c)    Tiga
6.    Pada saat proses POST, terjadi problem suatu pesan akan disampaikan kepada pengguna, pesat tersebut berupa …
a)    Suara tut dan Pesan   
b)    Suara beep dan pesan di windows
c)    Suara beep dan pesan sistem operasinya   
d)    Pesan tampilan di layar dan suara beep atau kedua duanya
e)    Pesan tampilan di windows dan suara beep atau kedua duanya
7.    Indikasi adanya masalah POST, dinyatakan dalam bentuk ….
a)    Kode kesalahan : dua sampai seratus ribu digit angka
b)    Pesan Kesalahan : Pesan singkat dalam bahasa indonesia
c)    Kode beep : suara beep tidak berurutan
d)    Pesan Kesalahan : Pesan singkat dalam bahasa inggris
e)    Pesan Kesalahan : Pesan singkat dalam bahasa melayu   
8.    POST mengecek semua komponen-komponen komputer, misalnya ….
a)    Printer, scaner, handy cam, cam corder, mouse
b)    Harddisk, mouse, printer, scaner, webcam
c)    Printer, Harddisk, RAM, Drive CD ROM, webcam
d)    Harddisk, mouse, mouse pad, scaner, webcam
e)    Harddisk, memory, motherboard, prosesor
9.    Yang tidak  termasuk kesalahan POST adalah ….
a)    sistem terhenti dengan tanpa tampilan dan suara beep, walaupun kursor mungkin nampak
b)    satu suara beep panjang diikuti dengan satu suara beep pendek, dan eksekusi POST terhenti
c)    satu suara beep panjang diikuti dengan dua suara beep pendek, dan POST melanjutkan dengan test berikutnya
d)    ada tampilan angka yang menunjukkan kode kesalahan
e)    Tes CPU: interupsi ditutup, pengetesan flag  internal, danpengetesan register internal
10.    Pengujian semua memori termasuk dalam rangka POST, lamanya pengujian tergantung dari …
a)    Besar kecilnya Harddisk yang terpasang
b)    Banyaknya software aplikasi yang terpasang di SO
c)    Bagus tidaknya kualitas harga pada motherboard
d)    Banyak sedikitnya peripheral yang dihubungkan
e)    Besar kecilnya kapasitas memori yang terpasang


II.     Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar !

1.    Sebutkan tiga jenis diagnosa komputer !
2.    Pesan apa yang diberikan komputer kepada pengguna jika ada problem atau kerusakan !
3.    Power On Self Test, jelaskan maksutnya !
4.    Indikasi dari adanya masalah sewaktu POST dinyatakan dengan apa? Terangkan dan jelaskan !
5.    Sebutkan langkah-langkah POST !
6.    Sebutkan pesan kesalahan selama POST !
7.    Diagnosa Umum meliputi apa saja !
8.    Diagnosa mencari danmemecahkan kerusakan,  terdiri dari 3 kategori sebut dan jelaskan !
9.    Sebutkan kode kesalahan komputer dalam bentuk beep !
10.    Pesan apa yang diberikan komputer kepada pengguna jika ada problem kerusakan pada motherboard !


====== Selamat mengerjakan semoga sukses ======
DOWNLOOAD FILE SOAL-SOAL TKJ ( SET PC ) KELAS X,
DOWNLOAD  FILE YANG SUDAH DIPERBAHARUI

Kamis, 30 September 2010

Download gratis Modul Teknik Komputer Jaringan

Mendiagnosis Permasalahan PC Yang Tersambung Jaringan

 Mendiagnosis Permasalahan PC Yang Tersambung Jaringan

Instalasi Perangkat Jaringan Lokal (Lokal Area Network – LAN)

 Instalasi Perangkat Jaringan Lokal (Lokal Area Network – LAN)
Instalasi Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface)

 Instalasi Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface)
Instalasi Sistem Operasi Berbasis Text

 Instalasi Sistem Operasi Berbasis Text
Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan Periferal

 Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan Periferal


Menginstalasi PC

 Menginstalasi PC
Menginstalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI (Graphical User Interface)

 Menginstalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI (Graphical User Interface)
Melakukan Perawatan PC

 Melakukan Perawatan PC
Melakukan Perawatan Periferal

 Melakukan Perawatan Periferal
Melakukan Perbaikan dan Setting Ulang Koneksi Jaringan

dan Setting Ulang Koneksi Jaringan " src="http://i233.photobucket.com/albums/ee130/hoosemeagungosx/Cover-Perbaikan.jpg" width="190" align="center" height="300">
Download Awalan Perbaikan dan Setting Ulang Koneksi Jaringan.zip
Download BAB I Perbaikan dan Setting Ulang Koneksi Jaringan.zip
Download BAB II-IV Perbaikan dan Setting Ulang Koneksi Jaringan.zip
Melakukan Perbaikan Periferal

 Melakukan Perbaikan Periferal
Melakukan Perbaikan dan Setting Ulang Sistem PC

 Melakukan Perbaikan dan Setting Ulang Sistem PC

Download Awalan Perbaikan Setting Ulang Sistem PC.zip
Download BAB I Perbaikan Setting Ulang Sistem PC.zip
Download BAB II Perbaikan Setting Ulang Sistem PC.zip
Download BAB III Perbaikan Setting Ulang Sistem PC.zip
Download BAB IV Perbaikan Setting Ulang Sistem PC.zip




Source code : http://uki-bm.blogspot.com/2009/10/download-gratis-modul-teknik-komputer.html

Sabtu, 25 September 2010

Cara mengatasi stres ditempat kerja

Modernisasi membuat orang semakin rajin bekerja, apakah benar ? Mungkin juga pernyataan seperti hal tersebut ada benarnya prosentasinya fivety-fivety.
Tekanan atau stres pada batas tertentu memang diperlukan. Adanya stres seseorang bisa bekerja memenuhi target. Tapi stres yang berlebihan ternyata bisa menimbulkan penyakit seperti radang lambung sampai gangguan jantung, bahkan saya sering sakit masuk angin, bermula dari sakit kepala, dalam bahasa jawa “cengeng” trus jadi masuk angin / demam.
Meniko tips ingkah saget mengatasi dampak stres !
Agar stres tidak berkelanjutan,  beberapa kiat yang mungkin bisa anda lakukan:
1.    Sediakan waktu rileks
Menurut penelitian, stres yang berhubungan dengan pekerjaan dimulai sejak pagi, sebelum Anda berangkat kerja. Daripada memikirkan beban pekerjaan (tapi tidak ada solusinya), lebih baik digunakan waktu Anda yang terbatas tersebut untuk melakukan relaksasi seperti meditasi dan yoga. Teknik pernapasan adalah teknik relaksasi yang paling mudah untuk dilakukan. Caranya dengan menarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan sampai tak ada lagi udara yang tersisa di paru-paru. Lakukan minimal 3x sampai membayangkan beban Anda berkurang.

2.     Bersikap lebih asertif
Kebanyakan masalah pekerjaan berpangkal dari kurangnya kesempatan untuk membuat perubahan atau keputusan. Karenanya, bicarakan dengan atasan tentang tugas Anda dan tanggungjawab tambahan yang ingin Anda pegang. Dengan demikian, Anda bisa menentukan pekerjaan yang bisa Anda lakukan dengan cara kerja seperti yang diinginkan perusahaan.

3.     Bekerja lebih efisien
Selalu kekurangan waktu untuk menyelesaikan tugas bisa jadi buka disebabkan tugas yang berlebihan, melainkan menyangkut waktu dan cara mengerjakannya. Alex memberikan contoh seorang wartawan yang produktif di waktu malam akan merasa tertekan jika memaksakan diri menulis di waktu siang hari. Untuk mengatasinya, sebaiknya pekerjaan dibagi. Siang hari membuat outline dan mencari bahan, malam hari menyelesaikan tulisan.
Untuk bekerja secara lebih efisien. Anda juga harus terampil menentukan prioritas. Adanya urutan prioritas dapat membantu Anda mengatur strategi.

Rabu, 01 September 2010

Rancangan Perangkat Lunak ( Ir. Dahlan Susilo, M.Kom )

UJIAN

RANCANGAN PERANGKAT LUNAK

Apakah perangkat lunak itu? Apa bedanya dengan sistem?

a. Perngkat lunak adalah Instruksi atau program komputer yang ketika dieksekusi akan memberi fungsi dan hasil yang diinginkan atau struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi atau dokumen yang menggambarkan operasi dan penggunaan program.

b. Sistem Software adalah sekumpulan program yang ditulis untuk melayani atau menunjang program lainnya. Beberapa sistem software seperti compiler, editor, komponen-komponen sistem operasi, driver dan prosesor telekomunikasi.

Apakah rekayasa perangkat lunak (RPL) itu?

Rekayasa perangkat lunak adalah disiplin ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip engineering agar mendapatkan software yang ekonomis yang dapat dipercaya dan bekerja lebih efisien pada mesin yang se­benarnya.

Apakah perbedaan RPL dengan rekayasa sistem?

RPL berfungsi untuk mendapatkan software yang ekonomis yang dapat dipercaya dan bekerja lebih efisien pada mesin yang se­benarnya. Sedangkan rekayasa sistem untuk memperoleh beberapa metode, prosedur atau pengontrolan dengan cara mengelola informasi.

Sebutkan studi kelayakan dalam pengembangan sistem berbasis komputer?

Semua proyek layak bila sumber dan waktunya tidak terbatas. Kenyataannya, pengembangan sistem berbasis komputer dibatasi oleh sumber dan waktu.

Ada 4 bidang utama yang menjadi konsentrasi dari feasibility studi, yaitu 1.

1.  Economic Feasibility :

Evaluasi biaya (cost) dan manfaat (benefit) dalam pengembangan sistem.

2.  Tehcnical feasibilitu :

Studi tentang fungsi, performance, dan hambatan yang  berpengaruh terhadap kemampuan mendapatkan sistem yang baik.

3.  Legal Feasibility :

Penentuan berbagai pelanggaran, kewajiban yang dapat terjadi dari pengembangan sistem.

4.  Alternative :

Evaluasi sebagai alternatif untuk mengembangkan sistem

Apa yang dimaksud dengan prototipe software?

Prototipe software adalah proses produksi dalam perekayasaan perangkat lunak, bertujuan untuk membantu mengevaluasi apakah desain telah memenuhi spesifikasi fungsional maupun non fungsional

Sebutkan tujuan dilakukan analisis cost dan benefit?

Tujuan dilakukan analisis cost dan benefit adalah untuk menggambarkan biaya pengembangan proyek dan mempertimbangkan keuntungan sistem, baik yang tangible maupun intangible (dapat diukur dan tidak dapat diukur).

Jelaskan fase atau tahapan pengembangan perangkat lunak?

Fase  pengembangan terdiri dari 3 tahapan:

   1. Design
   2. Code Generation (manual or otomatic)
   3. Testing

apa yang dimaksud dengan manajemen risiko?

Manajemen resiko adalah pengaturan resiko berhubungan dengan kejadian di masa yg akan datang yang melibatkan perubahan (spt. perubahan pikiran, pendapat, aksi, atau tempat) dan melibatkan pilihan & ketidakpastian bahwa pilihan itu akan dilakukan.

Sebut dan jelaskan strategi resiko-resiko perangkat lunak dan kategori resiko?

a. Macam macam strategi resiko:

1). Strategi reaktif memonitor proyek terhadap kemungkinan risiko. Sumber2 daya dikesampingkan, padahal seharusnya sumber2 daya menjadi masalah yang sebenarnya / penting.

2).  Strategi proaktif dimulai sebelum kerja teknis diawali.  Risiko potensial diidentifikasi, probabilitas & pengaruh proyek diperkirakan, dan diprioritaskan menurut kepentingan, kemudian membangun suatu rencana untuk manajemen risiko.  Sasaran utama adalah menghindari risiko.

b. Kategori resiko

1).  Risiko proyek

2).  Risiko teknis

3).  Risiko bisnis

Sebut dan jelaskan indentifikasi resiko dan tipe risiko?

Indentifikasi resiko

1. PROJECT COMPLEXITY : Sangat besar pengaruhnya terhadap ketidaktentuan yang ada pada tahap perencanaan Perangkat lunak.

2.    PROJECT SIZE : Faktor penting yang dapat mempengaruhi kecermatan dan kemajuan / ketepatan dari estimasi yang dilakukan.

3.   DEGREE OF PROJECT : Juga berpengaruh terhadap resiko estimasi, yaitu terhadap struktur, definisi, dan variabel.

Apa yang dimaksud dengan kegagalan internal dan kegagalan eksternal?

Kegagalan internal yang diadakan bila kita mendeteksi suatu kesalahan dalam produk sebelum produk dipasarkan. kegagalan internal meliputi:

1)   Pengerjaan kembali

2)  Perbaikan

3)  Analisis mode kegagalan

Kegagala eksternal berhubungan dengan cacat yang ditemukan setelah produk disampaikan kepada pelanggan. kegagalan eksternal meliputi:

1). Resolusi keluhan

2). Penggantian dan pengembalian produk

3). Dukungan help line

4)  Kerja jaminan

Jelaskan SQA?

Software Quality Assurance [SQA] adalah Jaminan kualitas perangkat lunak  adalah aktivitas pelindung yang diaplikasikan pada seluruh proses perangkat lunak

Keamanan perangkat lunak dan analisis risiko adalah aktivitas jaminan kualitas perangkat lunak yang berfokus pada identifikasi dan penilaian risiko potensial yang mungkin berpengaruh negatif terhadap perangkat lunak dan menyebabkan seluruh sistem menjadi gagal. Jika risiko dapat diidentifikasi pada awal proses rekayasa perangkat lunak, maka ciri-ciri desain perangkat lunak dapat ditetapkan sehingga akan mengeliminasi atau mengontrol risiko potensial

Apa yang dimaksud dengan dokumen perangkat lunak?

Bagian Dokumentasi menggambarkan (dengan refernsi) masing-masing produk kerja yang dihasilkan sebagai bagian dari proses perangkat lunak; mencakup hal-hal berikut :

1).  Dokumen proyek (misalnya, rencana proyek)

2). Model (misalnya, hirarki kelas ERD)

3). Dokumen teknis (misalnya, spesifikasi, rencana pengujian)

4). Dokumen pemakai (misalnya file-file help)

Beri contoh metode/teknik pengembangan perangkat lunak

Metode software engineering memberikan tehnik-tehnik bagaimana membentuk software. Metode ini terdiri dari serangkaian tugas :
1). Perencanaan & estimasi proyek
2). Analisis kebutuhan sistem dan software
3). Desain struktur data
4). Arsitektur program dan prosedur algoritma
5). Coding
6). Testing dan pemeliharaa

Apa tujuan menyusun flowchart dan desain terinci RPL?

Tujuan menyusun flowchart adalah untuk mengetahui organisasi hirarki yang menggambarkan relasi logikal dalam sejumlah elemen dan struktur data.

Selasa, 31 Agustus 2010

Mini Scripsi tugas bu Noviana buat ayum

Buat ayum winingsih download 
atau di sini download

Manajemen Resiko

Dalam manajemen resiko, kita perlu menyadari bahwa segala benda di dunia ini memiliki resiko untuk mengalami kerusakan, termasuk diri kita sendiri. Oleh karena itu, kita perlu menganalisa resiko-resiko apa aja yang ada, berapa besar peluang resiko tersebut terjadi, beserta berapa besar kerugian yang akan dialami. Untuk resiko-resiko yang dapat menimbulkan kerugian besar ataupun memiliki peluang tinggi, kita perlu menyiapkan rencana antisipasi agar kehidupan rutin kita jangan sampai terlalu banyak terganggu apabila kerusakan tersebut terjadi.
Sebagai contoh, perhatikan cerita dibawah ini:
James adalah seorang manager di perusahaan swasta yang cukup terkenal di Jakarta. Beliau sudah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak. Setiap harinya James mengendarai sedan Balenonya untuk pergi ke kantor.
Pada suatu hari, musibah datang menimpa James. Mobil sedan yang dikendarainya ditabrak oleh bus yang melanggar lampu merah. Mobil James mengalami kerusakan parah sementara James sendiri jatuh tidak sadarkan diri sehingga langsung dilarikan ke rumah sakit.
Ternyata luka yang dialami oleh James cukup parah. Selama seminggu James berada dalam kondisi koma, tidak sadarkan diri. Setelah sadar, James masih harus dirawat nginap dalam rumah sakit selama dua minggu dan setelah itu kesehatan James harus dicek setiap seminggunya. Sementara tangannya yang mengalami patah tulang tidak bisa digunakan untuk bekerja selama 3 bulan.
Perusahaan tempat James bekerja merasa turut berduka cita atas musibah yang menimpa James. Mereka mengirimkan bunga dan menjenguk James pada saat di rumah sakit. Namun karena James tidak bisa bekerja dalam 3 bulan mendatang, mereka memutuskan untuk memberhentikan James.

Tahapan Rekayasa Perangkat Lunak

iklus Pengembangan Perangkat Lunak
Salah satu strategi yang sering dipakai sebagai model proses atau paradigma rekayasa perangkat lunak yaitu dengan menggunakan model waterfall. Model waterfall merupakan pendekatan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial yang dimulai dari tahap analisis, desain, kode, pengujian, dan pemeliharaaan.

PENGEMBANGAN SISTEM PERLU/TIDAK?

Pengembangan sistem berarti menyusun sistem baru untuk mengganti sistem lama secara keseluruhan atau memperbaiki bagian bagian tertentu dalam sistem lama.

Pengembangan sistem perlu dilakukan jika :
1.    Ada Permasalahan dalam sistem yang sedang berjalan.
a.    Ketidakberesan
i.    Kecurangan yang disengaja. Misalnya mahasiswa dapat merubah nilainya menjadi lebih baik dan sistem tidak menyediakan kontrol untuk pengubahan ini. 
ii.    Kesalahan kesalahan operasi yang dimungkinkan karena sistem yang tidak beres. Entri nilai siswa bisa tertulis dengan nilai Z
iii.    Operasional yang tidak efisien. Mahasiswa harus melakukan antrian pembayaran SPP
iv.    Kebijakan manajemen yang tidak ditaati dan dimungkinkan oleh sistem. Dengan sedikit lobi mahasiswa dapat mengubah nilainya jika mendapatkan tanda tangan dari pejabat tertentu padahal dalam aturan penilaian tercantum bahwa penentuan nilai adalah hak dari dosen pengampu mata kuliah

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

PENDAHULUAN
1.       Apakah Perangkat Lunak?
2.       Apakah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ?
3.       Apa perbedaan antara RPL dengan ilmu komputer (computer science) ?
4.       Apa perbedaan RPL dan rekayasa sistem ?
5.       Apa yang dimaksud dengan proses perangkat lunak ?
6.       Apakah model proses perangkat lunak ?
7.       Berapa biaya rekayasa perangkat lunak ?
8.       Apa saja metode-metode RPL ?
9.       Apa yang dimaksud dengan CASE (Computer-Aided Software Engineering) ?
10.   Apakah atribut-atribut perangkat lunak yang baik ?
11.   Apa tantangan kunci yang dihadapi RPL ?
PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak (Software) tidak sama dengan program komputer. Perangkat lunak tidak hanya mencakup program, tetapi juga semua dokumentasi dan konfigurasi data yang berhubungan, yang diperlukan untuk membuat agar program beroperasi dengan benar.
Sistem Perangkat Lunak terdiri dari :
  1. Sejumlah program yg terpisah
  2. File-file konfigurasi
  3. Dokumentasi sistem
  4. Dokumentasi User
Dua tipe produk perangkat lunak :
  • Produk Generik à Sistem stand-alone standar yg diproduksi oleh organisasi pengembang dan dijual ke pasar terbuka ke siapapun yg membelinya. Biasa disebut sebagai software shrink-wrapped. Contoh : pengolah kata (word processor).
  • Produk pesanan (yang disesuaikan) à Sistem yg dipesan oleh pelanggan tertentu. Dikembangkan khusus bagi pelanggan oleh kontraktor perangkat lunak. Contoh : Sistem untuk mendukung proses bisnis tertentu dan sistem kontrol lalu lintas udara.
Perbedaan PENTING antara tipe2 perangkat lunak :
a.         Pada produk generik, organisasi yang mengembangkan perangkat lunak mengontrol spesifikasi perangkat lunak.
b.         Pada produk pesanan, spesifikasi biasanya dikembangkan dan dikontrol oleh organisasi yang membeli perangkat lunak tersebut.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
RPL atau Software Engineering (SE) à Disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Ada 2 istilah kunci disini :
a.    “disiplin rekayasa” à Perekayasa membuat suatu alat bekerja.  Menerapkan teori, metode, dan alat bantu yang sesuai, selain itu mereka menggunakannya dengan selektif dan selalu mencoba mencari solusi terhadap permasalahan.
b.    “semua aspek produksi perangkat lunak” à RPL tidak hanya berhubungan dengan proses teknis dari pengembangan perangkat lunak tetapi juga dengan kegiatan seperti Manajemen proyek PL dan pengembangan alat bantu, metode, dan teori untuk mendukung produksi PL.
Perbedaan antara RPL dengan Computer Science ?
Intinya, computer science berhubungan dengan teori dan metode yang mendasari sistem komputer dan perangkat lunak, sedangkan RPL berhubungan dengan praktek dalam memproduksi perangkat lunak.
Perbedaan RPL dengan Rekayasa Sistem ?
Rekayasa sistem berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, rekayasa PL dan proses. RPL adalah bagian dari rekayasa sistem yang meliputi pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem.
Proses Perangkat Lunak
Serangkaian kegiatan dan hasil-hasil relevannya yang menghasilkan perangkat lunak à sebagian besar dilakukan oleh perekayasa perangkat lunak. Ada 4 kegiatan/aktivitas pada proses PL :
1.       Spesifikikasi Perangkat Lunak à Fungsionalitas perangkat lunak dan batasan kemampuan operasinya harus didefinisikan.
2.       Pengembangan Perangkat Lunak à Perangkat lunak yang memenuhi spesifikasi harus di produksi
3.       Validasi Perangkat Lunak à Perangkat lunak harus divalidasi untuk menjamin bahwa perangkat lunak melakukan apa yang diinginkan oleh pelanggan.
4.       Evolusi Perangkat Lunak à Perangkat lunak harus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Model Proses Perangkat Lunak
Merupakan deskripsi yang disederhanakan dari proses perangkat lunak di presentasikan dengan sudut pandang tertentu.
Bisa mencakup kegiatan yang merupakan bagian dari proses perangkat lunak, produk perangkat lunak, dan peran orang yang terlibat pada rekayasa perangkat lunak (Perekayasa PL).
Contoh Jenis Model Proses PL
  1. Model aliran kerja (workflow) à menunjukkan kegiatan pada proses bersama dengan input, output, dan ketergantungannya. Merepresentasikan pekerjaan manusia.
  2. Model aliran data (data flow) à merepresentasikan proses sebagai suatu set kegiatan yang melakukan transformasi data. Menunjukkan bagaimana input ke proses, misalnya spesifikasi ditransformasi menjadi output, misalnya menjadi desain.
  3. Model peran/aksi à merepresentasikan peran orang yang terlibat pada PL dan kegiatan yg menjadi tanggung jawab mereka.
Model atau paradigma umum pada proses PL
  1. Model air terjun (waterfall) à Mengambil kegiatan dasar seperti spesifikasi, pengembangan, validasi, dan evolusi dan merepresentasikannya sebagai fase-fase proses yang berbeda seperti spesifikasi persyaratan, perancangan perangkat lunak, implementasi, pengujian dan seterusnya.
  2. Pengembangan evolusioner à Pendekatan ini berhimpitan dengan kegiatan spesifikasi, pengembangan, dan validasi. Sistem awal dikembangkan dengan cepat dari spesifikasi abstrak. Sistem ini kemudian di perbaiki dengan masukan dari pelanggan untuk menghasilkan sistem yang memuaskan kebutuhan pelanggan.
  3. Pengembangan Sistem Formal à Pendekatan ini menghasilkan suatu sistem matematis yang formal dan mentransformasikan spesifikasi ini, dengan menggunakan metode matematik menjadi sebuah program.
  4. Pengembangan berdasarkan pemakaian ulang (Reusable) à Teknik ini menganggap bahwa bagian-bagian sistem sudah ada. Proses pengembangan sistem terfokus pada pengintegrasian bagian-bagian sistem dan bukan pengembangannya dari awal.
Biaya Rekayasa Perangkat Lunak
Umumnya sekitar 60% untuk biaya pengembangan (development) dan 40% biaya pengujian (testing).
Distribusi biaya yang tepat selama proses perangkat lunak bergantung pada proses yang digunakan dan jenis perangkat lunak yang dikembangkan.
Metode-metode RPL
Pendekatan-pendekatan terstruktur terhadap pengembangan perangkat lunak mencakup model, notasi, aturan, saran pengembangan sistem (rekomendasi), dan panduan proses.
  • Deskripsi model sistem –> Deskripsi model yang harus dikembangkan dan notasi yang digunakan untuk mendefinisikan model-model ini. Ex : model aliran data.
  • Aturan –> Batasan yang berlaku bagi model sistem. Ex : Setiap entitas pada model sistem harus memiliki nama yang unik.
  • Rekomendasi  –> Saran dalam membentuk perancangan yang baik. Ex : Tidak ada objek yang memiliki lebih dari tujuh sub-objek yang berhubungan dengannya.
  • Panduan Proses  –> Aktifitas yang bisa diikuti untuk mengembangkan model sistem. Ex : Atribut objek harus didokumentasi sebelum mendefinisikan operasi yang berhubungan dengan objek.
CASE (Computer-Aided Software Engineering)
Mencakup berbagai macam program yang digunakan untuk mendukung kegiatan PL seperti analisis persyaratan, pemodelan sistem, debugging, dan pengujian.
Atribut-atribut PL yang baik
n  Perangkat Lunak seharusnya memberikan user kebutuhan fungsionalitas dan kinerja yang :
1.       Dapat dipelihara (Maintanability) à PL harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan user.
2.       Dapat diandalkan (Dependability) à PL harus dapat dipercaya dan tidak menyebabkan kerusakan fisik atau ekonomi jika terjadi kegagalan sistem.
3.       Efisien à PL harus efisien dalam penggunaan sumber daya sistem.
4.       Kemampupakaian (Usability) à PL harus dapat dipakai sesuai dengan yang direncanakan.
Tantangan Kunci yang dihadapi RPL ?
  1. Tantangan Warisan (Legacy) à Tantangan memelihara dan meng-update PL sedemikian sehingga biaya yg berlebihan dapat dihindari dan layanan bisnis yg penting tetap dilakukan.
  2. Tantangan Heterogenitas à Tantangan teknik pengembangan untuk membangun perangkat lunak yang dapat diandalkan dan cukup flexibel untuk menghadapi heterogenitas yang ada.
  3. Tantangan Pengiriman à Tantangan mempersingkat waktu kirim sistem besar dan kompleks, tanpa mengurangi kualitas sistem.

Sabtu, 28 Agustus 2010

Mengatasi virus yang menyerang document office

Kali ini saya menyoroti persoalan tentang banyaknya dokumen buatan Microsoft Office yang terinfeksi oleh virus. Berikut tips dan trik dari saya untuk mencegah terinfeksinya berkas-berkas buatan Microsoft Office semisal : DOC (Word), XLS (Excel), PPT (PowerPoint) , MDB (Access) dan VSD (Visio).

(Access) dan VSD (Visio). Tautan untuk mengunduh secara langsung: download

Kamis, 26 Agustus 2010

Urutan Prosedur POST ( Power On Selt Test )

Download klik disini

PR BU NOVIANA KRISIYANTI, S.KOM

PR PAK LAKSONO

Tugas pak laksono kikerjakan dengan 2 spasi download

Melakukan Perbaikan dan atau Setting Ulang Koneksi Jaringan

SOAL SET JARINGAN. TKJ KLS : XI
1.    Pengertian Internet Connection Sharing ( ICS ) adalah !
2.    Tuliskan Urutan Koneksi jaringan dengan menggunakan ICS !
3.    Bahan dan alat untuk membangun sebuah jaringan komputer adalah ? jelaskan !
4.    Sebutkan dan jelaskan macam-macam konektor BNC !
5.    Mengapa cable coaxial jangkauannya  untuk membangun jaringan lebih panjang apa bila dibandingkan dengan cable UTP yang jangkauannya terbatas ? coba anda jelaskan !
6.    Apa yang dimaksud dengan terminator dan apa fungsinya pada jaringan dengan Topologi Bus?

Senin, 23 Agustus 2010

Membuat Visitor Counter Blog ( Jumlah Pengunjung )

Membuat penghitung pengunjung merupakan hal biasa yang di tampilkan di banyak website, dan sebenarnya caranya sangatlah mudah karena banyak layanan gratisan yang menyediakan fasilitas itu.
Apa itu Web Counter atau automatic visitor counter?
Web counter adalah Aplikasi tambahan pada web atau blog yang berfungsi sebagai penghitung pengunjung yang mengunjungi blog kita. cara kerja counter ini bermacam-macam, mulai dari menghitung page View sampai unique Visitor.
Nah jika kamu sudah tau maksud saya dan berminat untuk membuatnya di blog atau

Website kamu silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

   1. Buka website www.wowcounters.net
   2. Kemudian Klik Link ** Click Here to Sign Up for your Free Counter ** yang ada di Website tersebut
   3. Kemudian Isi Form sesuai data diri anda dan pilih sebuah Style kemudian Sign Up
   4. Kemudian Copy Code HTMLnya Dan taruh di Blog kamu, dengan cara ke menu Layout --> Page elements kemudian Add a page elements terus pilih HTML/Java Script

Cukup mudah bukan? jika anda ingin mencoba menggunakan web lainya karena www.wowcounters.net dirasa kurang menarik dalam hal grafis tampilan penghitung otomatis, silahkan kunjungi beberapa alamat web dibawah ini:

Situs yang menyediakan Counter dan Statistik Blog:
http://www.easycounter.com/
http://sitemeter.com/
http://blogaja.com/
http://hitstats.com/
http://oggix.com/

TUGAS !! KLS : X TKJ SMK MUH 3 SKA

TUGAS !
Ditulis soalnya,  dikerjakan diselembar kertas, dikumpulkan sampai jam 11.05, dibawah tugas anda diberi tanda tangan, diberi nama org tua wali murid.

1.    Apakah peristilahan / glossary di bawah ini !
a.    Beep, bios, bus, casing, power supply , CD Rom Drive, CGA, VGA, clock, cmos, VRAM, disk, EGA, head, peripheral, post.
b.    Pesan apa yang diberikan komputer kepada pengguna jika ada  problem atau kerusakan !
2.    Sebutkan tiga jenis diagnosa komputer !
3.    Indikasi dari adanya masalah sewaktu POST dinyatakan, sebut dan jelaskan !
4.    Sebutkan  langkah-langkah POST ! dan sebutkan Kesalahan Selama POST !
5.    Sebutkan Kode Suara Kesalahan komputer pada bentuk beep ! dan beep code pada BIOS AMI

SELAMAT MENGERJAKAN ! download soal

Sabtu, 21 Agustus 2010

Pendaftrana CPNS 2010

Kamis, 19 Agustus 2010

Mengenal virus

Anda pasti pernah mendengar istilah virus komputer, bahkan pernah mengalami serangan virus, tentu sangat menjengkelkan dan membuat kita
stress dan pekerjaan kita jadi terganggu.
Virus komputer tidak akan merusak tubuh (Hardware) komputer, virus tersebut hanya merusak data, program, dan system dalam komputer. Bahkan virus banyak yang tidak merusak system maupun data, banyak virus yang tujuannya hanya untuk mengganggu serta memperlambat kerja si pemakai komputer.
PENGERTIAN VIRUS
Pertama kali istilah “virus” digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Virus komputer dinamakan “virus” karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran (biological viruses).
Virus komputer bisa diartikan sebagai suatu program komputer biasa. Tetapi memiliki perbedaan yang mendasar dengan program-program lainnya, yaitu virus dibuat untuk menulari program-program lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya. Ada yang perlu  dicatat  disini, virus hanya akan menulari apabila program pemicu atau program   yang   telah   terinfeksi tadi dieksekusi, disinilah perbedaannya dengan “worm”.

Mengatasi virus yang merusak doc word dan excell

Exel dan Word file Recover (*.xls/*doc recovery)
Akhir-akhir tahun ini virus lokal sangat berkembang dengan cepat. Pada umumnyavirus-virus lokal dibuat dengan menggunakan tool VB 6. Namun, tidak menutupkemungkinan virus lokal dibuat dengan tool yang lain seperti C++ ataupun Delphi.
Karena perkembangan virus yang sangat pesat, maka korban dari serangan virus punmeningkat. Kondisi ini sangat memprihatinkan. Karena,virus-virus tersebut padaumumnya menyerang file office yang memiliki akhiran *.doc atau *.xls. Padahal file-file tersebut berisi data yang rata-rata penting (skripsi, Kp, laporan, dll).
Program ini diciptakan untuk memperbaiki file-file yang menjadi korban virus W32/Delf.ZFA (ZulAnick), Ciri-ciri file yang menjadi korban adalah fileyang sebelum terkena serangan virus akan berakhiran *.doc atau *.xls kemudiansetelah terkena virus akan menjadi EXE /Application (*.exe).Dilengkapi dengan petunjuk penggunaan, serta source code yang dibuat dengan VB6. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan…

download file klik disini

silahkan mencoba sendiri