This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

Kamis, 25 Agustus 2011

Ujian Pendadaran Skripsi S1 STMIK DUTA BANGSA SKA

Jum'at tanggal 27 agustus 2011 waktunya ujian pendadaran skripsi minta do'a nya semoga ujian pendadaran berjalan dengan baik dan lancar. Setiap kesulitan pasti ada jalan kemudahan itulah yang selama ini di alami dalam membuat laoran dan program skripsi Strata Satu STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA, semoga saja para dosennya bermurah hati untuk memberikan nilai yang bagus dan baik, yang penting masih ada semangat untuk berjuang dan berkembang, he he he.... berkembang biak po???llus aja belum??? pacar belum pya??? he he he maaf malah mengeluh!!! manusia memang banyak mengeluh tanpa mereka sadari.... hmmm!!! oh ya ni contoh soal-soal yang akan saya gunakan dalam web e-learning, soal tentang aplikasi dan penggunaan tool 3Ds Max 8 mau download soal klick disini

Senin, 22 Agustus 2011

TUTORIAL LENGKAP STEP BY STEP 3D MAX 8.0

Tutorial dan panduan lengkap step by step aplikasi 3D Max 8.0 ingin download modul dan tutorialnya klick disini

SKRIPSI S1 SISTEM INFORMASI STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA

Laporan dan cover Skripsi Strata Satu STMIK DUTA BANGSA Surakarta. Download file klick disini

Lampiran 4 Skripsi "Rancang Bangun Media Pembelajaran Interktif Mata Pelajaran Diskomvis Studi Kasus : SMK Negeri 9 Surakarta"

Lampiran 4 Skripsi   "Rancang Bangun Media Pembelajaran Interktif Mata Pelajaran Diskomvis Studi Kasus : SMK Negeri 9 Surakarta"
PENJABARAN TUGAS DAN WEWENANG
4.1     Penjabaran Tugas Dan Wewenang yang harus di emban.
Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan lengkap tentang tugas dan masing masing personil tersebut mempunyai kewajiban dan wewenang sesuai dengan bidangnya seperti yang tercantum dalam uraian ( Job Discription ).
Gambaran singkat tentang (Job Discription) SMK Negeri 9 Surakarta adalah sebagai berikut :
1.    Kepala Sekolah
Kepala Sekolah berfungsi dan bertugas sebagai educator, manajer administrator, pemimpin atau leader innovator, motovator.
a.    Kepala Sekolah Selaku manajer :
1)    Menyusun perencanaan;
2)    Mengorganisikan kegiatan;
3)    Mengarahkan kegiatan;
4)    Mengkoordinasikan kegiatan;
5)    Melaksanakan evaluasi terhadap kegiatan;
6)    Menentukan kebijakan;
7)    Mengadakan rapat;
8)    Mengambil keputusan;
9)    Menentukan kebijakan.
b.    Kepala Sekolah selaku administrator bertugas menyelenggarakan administrator :
1)    Perencanaan;
2)    Pengorganisasian;
3)    Pengarahan;
4)    Pengawasan;
5)    Kurikulum;
6)    Kesiswaan;
7)    Ketatatusahaan;
8)    Pengkoordinasian;
9)    Kantor;
10)    Ketenagaan;
11)    Keuangan;
12)    Perpustakaan;
13)    Laboratorium;
14)    Ruang ketrampilan;
15)    Bimbingan konseling;
16)    UKS;
17)    OSIS;
18)    Serbaguna;
19)    Gudang.
c.    Kepala Sekolah selaku Supervisor bertugas menyelenggarakan supervise mengenai :
1)    Proses belajar mengajar;
2)    Kegiatan bimbingan dan konseling;
3)    Kegiatan ekstrakurikuler;
4)    Kegiatan tata usaha;
5)    Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait;
6)    Sarana dan prasarana;
7)    Kegiatan OSIS.
d.    Kepala Sekolah sebagai leader/ Pimpinan :
1)    Dapat dipercaya, jujur dan bertanggung jawab;
2)    Memahami kondisi guru, karyawan dan siswa;
3)    Memiliki visi dan memahami misi sekolah;
4)    Membuat, mencari dan memilih gagasan baru.
e.    Kepal Sekolah sebagai innovator :
1)    Melakukan pembaharuan dibidang : KBM, BK, Ekstrakurikuler dan Pengadaan;
2)    Melaksanakan pembinaan guru dan karyawan.
f.    Kepala Sekolah sebagai motivator :
1)    Mengatur ruang kantor yang konduktif untuk bekerja;
2)    Mengatur ruang kantor yang konduktif untuk KBM/ BK;
3)    Mengatur ruang laboratorium yang konduktif untuk laboratorium;
4)    Mengatur ruang perpustakaan yang konduktif untuk belajar;
5)    Mengatur halaman/ lingkungan sekolah yang sejuk dan teratur;
6)    Menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesame guru dan karyawan;
7)    Menciptakan hubungan kerja yang harmonis antar sekolah dan lingkungan;
8)    Menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman.
2.    Waka Kurikulum
a.    Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan;
b.    Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran;
c.    Mengatur penyusunan program pengajaran ( Semsteran, tahunan, program satpel dan RPP );
d.    Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler da extra kurikuler;
e.    Pelaksanaan program penilaian criteria kenaikan kelas, criteria kelulusan dan laporan kemajuan bejar siswa serta pembagian rapor dan STTB;
f.    Mengatur pelaksaan program perbaikan dan pengajaran;
g.    Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar;
h.    Mengatur pengembangan MGMP dan Koordinator mata pelajaran;
i.    Mengatur mutasi siswa;
j.    Melakukan supervise administrasi dan akademis;
k.    Menyusun laporan.
3.    Kesiswaan
a.    Mengatur program dan pelaksanaan bimbingan dan konseling;
b.    Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaabn 7K ( keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kesehatan dan kerindangan );
c.    Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi Hisbul Waton, Palang Merah Remaja (PMR), Esaha Kesehatan, Sekolah (UKS), Patroli Keamanan Sekolah (PKS);
d.    Mengatur program pesantren kilat;
e.    Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah;
f.    Menyelenggarakan cerdas, cermat olah rag prestasi;
g.    Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat beasiswa.
4.    Sarana Dan Prasarana
a.    Merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar;
b.    Merencanakan program pengadaan;
c.    Mengatur pemanfaatan sarana prasarana;
d.    Mengelola perawatan perbaikan dan pengisian;
e.    Mengatur pembukuannya;
f.    Menusun laporan.

5.    Hubungan Dengan Masyarakat
a.    Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan BP3 dan peran BP3;
b.    Menyelenggarakan bakti wisata karya wisata;
c.    Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di sekolah (gebyar pendidikan;
d.    Menyusun laporan.
6.    Guru / Teacher
Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan proses belajar secara efektif dan efisien.
Tugas dan tanggung jawab guru meliputi :
a.    Membuat perangkat program pengajaran:
1)    Program tahunan Semester;
2)    Program satuan pembelajaran;
3)    Program rencana pengajaran;
4)    Program mingguan guru;
5)    LKS.
b.    Melaksanakan kegiatan pembeljaran;
c.    Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan harian, ulangan umum, ujian akhir;
d.    Melaksanakan analisis hasil ulangan harian;
e.    Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan;
f.    Mengisi daftar nilai siswa;
g.    Melaksanakan kegiatan membimbing ( pengimbasab pengetahuan ) kepada guru lain dalam proses kegiatan belajar mengajar;
h.    Membuat alat pembelajaran/ lata peraga;
i.    Melaksanakan tugas tertentu di sekolah;
j.    Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa;
k.    Mengisi dan meniliti daftar hadir siswa;
l.    Mengumpilkan angka kredit dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya.
7.    Wali Kelas
Wali kelas membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut
a.    Pengelolan kelas;
b.    Penyelengaraan administrasi kelas meliputi :
c.    Denah tempat duduk;
d.    Papan absensi;
e.    Daftar pelajaran kelas;
f.    Daftar piket kelas;
g.    Buku absensi;
h.    Tata tertib siswa;
i.    Pembuatan catatan kusus tentang siswa;
j.    Mengisi buku laporan penilain hasil belajar;
k.    Pembagian buku laporan penilaina hasil belajar.

8.    Bagian Tata Usaha
Bagian tata usah mengurusi segala macam maslah administrasi sekolah dan perabot kepegawaian bagi karyawan dan karyawati SMK Negeri 9 Surakarta. Adapun bagian-bagian dari staf yang ada di tata usaha meliputi :
a.    Kepegawaian
Pembantu urusan administrasi Kepala Sekolah yang berhubungan dengan kepegawaian beserta administrasinya. Dalam melaksanakan tugasnya bagian ini bertanggung jawab terhadap kepala sekolah.
b.    Persuratan
Bagian ini menangani pengagendaan surat, baik menerimaan maupun pengiriman dan memintakan diposisi kepada kepala sekolah. Dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab terhadap kepala sekolah.
c.    Keuangan
Bertugas sebagai penarik iuran siswa berupa dana apapun dan meberikan laporan keuangan yang detail kepada kepala sekolah dan bertanggung jawab kepadanya.
d.    Staf Perpustakaan
Bertugas sebagai pengelola ruang perpustakaan beserta isinya membuat laporan kepada kepala sekolah dan bertanggung jawab kepadanya.
e.    Toolman
Bertugas meniapkan bahan dan alat praktik, perbaikan dan pemeliharaan alat tangan, mengecek alat praktik sebelum dan sesudah digunakan,membuat laporan kepada kepala sekolah dan bertanggung jawab kepadanya. Tugas utama adalah membantu Kepala Bengkel dan Kepala Program.
f.    Pesuruh atau penjaga
Bertugas terhadap kebersihan, ketertiban dan keamanan sekolah dan lingkungan nya serta pemeliharaan sarana da prasarana sekolah.pesuruh atau penjaga bertanggung jawab kepada kepala sekolah.
g.    Satpam/Securrity
Bertugas membuka dan mengunci pintu pagar depan, mengatur tempat parkir menjaga keamanan dilingkungan sekolah.satpam bertanggung jawab kepada kepala sekolah.

Download file klick disini


Naskah Lampiran Skripsi Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Diskomvis Studi Kasus : SMK Negeri 9 Surakarta

Naskah Lampiran Skripsi Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Diskomvis Studi Kasus : SMK Negeri 9 Surakarta. Download File Klick Disini

SKRIPSI BAB I "Rancang Bangun Media Pembelajaran Interktif Mata Pelajaran Diskomvis Studi Kasus : SMK Negeri 9 Surakarta"

Sejak berlakunya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terdapat struktur kurikulum Desain Komunikasi Visual (diskomvis) yang pemberlakuannya secara Nasional. Pendidikan diskomvis di SMK Negeri 9 Surakarta menekankan pada aspek fundamental dalam teori dan praktik yang membentuk siswa didik menjadi seniman/desainer yang kreatif, mandiri, professional, serta mampu menerapkan ilmu lintas disiplin.
Visi menjadi seniman/desainer dan sekaligus ilmuwan yang berkualitas, mandiri dan professional, serta mampu mengenal, menggali dan mengembangkan potensi khasanah seni tradisi nusantara sebagai dasar aplikasi profesionalisme di bidang seni rupa dan desain. Era informasi saat ini kehadiran desain komunikasi visual sangatlah dibutuhkan. Sesuai dengan namanya, desain komunikasi visual mempunyai tujuan untuk mengkomunikasikan pesan yang dapat ditangkap oleh siswa-siswi  dengan benar.
Desain komunikasi visual adalah bidang ilmu yang mempelajari konsepsi komunikasi, khususnya komunikasi visual. Ruang lingkup desain komunikasi visual adalah desain yang mengkomunikasikan informasi dan pesan yang ditampilkan dengan menggunakan dan memadukan elemen rupa, huruf, dan citra sebagai bahasa untuk berkomunikasi secara visual dengan khalayak sasaran yang spesifik. Desain komunikasi visual merupakan lahan profesi bergengsi yang makin diminati kaum muda saat ini karena peluang untuk bekerja begitu besar dengan gaji dan fasilitas yang baik, kesempatan berwirausaha pun terbuka luas.
Teknologi komputer yang makin canggih membuat dunia desain komunikasi visual kian marak. Ide-ide kreatif dapat dituangkan tanpa batas dalam merancang berbagai media komunikasi visual, seperti brosur, iklan, poster, website, kemasan, sign, film animasi, corporate identity, dan lain-lain. Seiring tumbuhnya kesadaran media dan teknologi audiovisual, serta banyaknya bermunculan rumah-rumah produksi dan stasiun televisi swasta, kebutuhan akan tenaga yang terampil dalam bidang komunikasi visual juga meningkat. Penguasaan teknologi komputer tentunya menjadi tuntutan yang tidak dapat dihindari dalam melakukan persaingan di era sekarang ini. Era Informasi teknologi nampaknya akan menjadi orientasi dan tantangan baru bagi para lulusan Desain Komunikasi Visual.
Karena itu jurusan Desain Komunikasi Visual (diskomvis) haruslah menyesuaikan dengan tuntutan dunia kerja dan perkembangan teknologi saat  ini. Guru atau instuktur harus menguasai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Praktikum Diskomvis yang akan diajarkan pada peserta didiknya. Adanya media interaktif ini memudahkan instruktur untuk menjelaskan dan menerangkan kepada peserta didiknya sehingga dapat memvisualisasikan pelajaran yang akan disampaikan sehingga tercipta image yang baik dan sangat menarik, peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh mengikuti materi. Materi pembelajaran ini juga dapat di review kembali apabila peserta didik belum dapat memahami konsep-konsep yang diajarkan oleh instruktur. Metode multimedia peserta didik dapat menggandakan dan mempelajari dirumah sebagai bahan ajar sehingga memudahkan guru/instruktur untuk review mata pelajaran yang akan disampaikan.

Downoad file klick disini

BAB V "Rancang Bangun Media Pembelajaran Interktif Mata Pelajaran Diskomvis Studi Kasus : SMK Negeri 9 Surakarta"

BAB V  "Rancang Bangun Media Pembelajaran Interktif Mata Pelajaran Diskomvis Studi Kasus : SMK Negeri 9 Surakarta"   download file klick disini

Daftar Pustaka Skripsi "Rancang Bangun Media Pembelajaran Interktif Mata Pelajaran Diskomvis Studi Kasus : SMK Negeri 9 Surakarta"

Daftar Pustaka Skripsi "Rancang Bangun Media Pembelajaran Interktif Mata Pelajaran Diskomvis Studi Kasus : SMK Negeri 9 Surakarta" download klick disini

Selasa, 16 Agustus 2011

Rancangan Website E-Learning Diskomvis

Rancangan website education E-Learning Diskomvis SMK Negeri 9 Surakarta Materi Pembelajaran Aplikasi 3D Max, Untuk mendownload klick disini

Senin, 15 Agustus 2011

Tutorial Buku Panduan 3Ds Max 8 Membuat Logo Solo The Spirit Of Java

Tutorial Buku Panduan 3Ds Max 8 Membuat Logo Solo The Spirit Of Java berikut adalah langkah-langkah dari pemuatan dan perancangan dan diimplementasikan ke dalam 3 Dimensi. 
Download File PDF klick disini

Tutorial 3D Max : Membuat Logo Tut Wuri Handayani

video 
  
saya posting animasi nya terlebih dahulu, dikarenakan file tutorial pembuatan cukup besar.

RPP Merancang Bangun Web Data Base Untuk Content Server

Download RPP Merancang Bangun Web Data Base Untuk Content Server Semester V kelas 3 SMK Muh.3 Surakarta.
 

Judul Skripsi Rancang bangun Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual / Diskomvis (Studi kasus : Smk Negeri 9 Surakarta)

Rancang bangun Media Pembelajaran  Interaktif Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual / Diskomvis (Studi kasus : Smk Negeri 9 Surakarta)

Ingin mendownload file klick disini 

Untuk Bab 1 samapai dengan Bab 5, Insyaallah pertemuan berikutnya, Sampai Jumpa Lagi.......

Video Tutorial Animasi Logo Solo The Spirit Of Java

video

3D Max Tutorial

Dalam hal ini saya akan mempublis file video yang berbentuk swf mengenai tutorial pembuatan Disain, modeling dan animasi di aplikasi 3D Max.

berikut adalah contoh format bitmap,


Untuk mendapatkan file asli 3D Max nya downlooad disini, dan untuk video animasi klick disini, pertemuan yang akan datang insyaalah akan saya posting tutorial langkah-langkah nya, mulai dari desain dari CorelDraw --> Export ke format adobe ilustrator --> dan di import dari aplikasi 3D Max --> di extrude untuk memberikan ketebalan pada logo yang di desain dari aplikasi CorelDraw tersebut.