Senin, 22 Agustus 2011

Lampiran 4 Skripsi "Rancang Bangun Media Pembelajaran Interktif Mata Pelajaran Diskomvis Studi Kasus : SMK Negeri 9 Surakarta"

Lampiran 4 Skripsi   "Rancang Bangun Media Pembelajaran Interktif Mata Pelajaran Diskomvis Studi Kasus : SMK Negeri 9 Surakarta"
PENJABARAN TUGAS DAN WEWENANG
4.1     Penjabaran Tugas Dan Wewenang yang harus di emban.
Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan lengkap tentang tugas dan masing masing personil tersebut mempunyai kewajiban dan wewenang sesuai dengan bidangnya seperti yang tercantum dalam uraian ( Job Discription ).
Gambaran singkat tentang (Job Discription) SMK Negeri 9 Surakarta adalah sebagai berikut :
1.    Kepala Sekolah
Kepala Sekolah berfungsi dan bertugas sebagai educator, manajer administrator, pemimpin atau leader innovator, motovator.
a.    Kepala Sekolah Selaku manajer :
1)    Menyusun perencanaan;
2)    Mengorganisikan kegiatan;
3)    Mengarahkan kegiatan;
4)    Mengkoordinasikan kegiatan;
5)    Melaksanakan evaluasi terhadap kegiatan;
6)    Menentukan kebijakan;
7)    Mengadakan rapat;
8)    Mengambil keputusan;
9)    Menentukan kebijakan.
b.    Kepala Sekolah selaku administrator bertugas menyelenggarakan administrator :
1)    Perencanaan;
2)    Pengorganisasian;
3)    Pengarahan;
4)    Pengawasan;
5)    Kurikulum;
6)    Kesiswaan;
7)    Ketatatusahaan;
8)    Pengkoordinasian;
9)    Kantor;
10)    Ketenagaan;
11)    Keuangan;
12)    Perpustakaan;
13)    Laboratorium;
14)    Ruang ketrampilan;
15)    Bimbingan konseling;
16)    UKS;
17)    OSIS;
18)    Serbaguna;
19)    Gudang.
c.    Kepala Sekolah selaku Supervisor bertugas menyelenggarakan supervise mengenai :
1)    Proses belajar mengajar;
2)    Kegiatan bimbingan dan konseling;
3)    Kegiatan ekstrakurikuler;
4)    Kegiatan tata usaha;
5)    Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait;
6)    Sarana dan prasarana;
7)    Kegiatan OSIS.
d.    Kepala Sekolah sebagai leader/ Pimpinan :
1)    Dapat dipercaya, jujur dan bertanggung jawab;
2)    Memahami kondisi guru, karyawan dan siswa;
3)    Memiliki visi dan memahami misi sekolah;
4)    Membuat, mencari dan memilih gagasan baru.
e.    Kepal Sekolah sebagai innovator :
1)    Melakukan pembaharuan dibidang : KBM, BK, Ekstrakurikuler dan Pengadaan;
2)    Melaksanakan pembinaan guru dan karyawan.
f.    Kepala Sekolah sebagai motivator :
1)    Mengatur ruang kantor yang konduktif untuk bekerja;
2)    Mengatur ruang kantor yang konduktif untuk KBM/ BK;
3)    Mengatur ruang laboratorium yang konduktif untuk laboratorium;
4)    Mengatur ruang perpustakaan yang konduktif untuk belajar;
5)    Mengatur halaman/ lingkungan sekolah yang sejuk dan teratur;
6)    Menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesame guru dan karyawan;
7)    Menciptakan hubungan kerja yang harmonis antar sekolah dan lingkungan;
8)    Menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman.
2.    Waka Kurikulum
a.    Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan;
b.    Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran;
c.    Mengatur penyusunan program pengajaran ( Semsteran, tahunan, program satpel dan RPP );
d.    Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler da extra kurikuler;
e.    Pelaksanaan program penilaian criteria kenaikan kelas, criteria kelulusan dan laporan kemajuan bejar siswa serta pembagian rapor dan STTB;
f.    Mengatur pelaksaan program perbaikan dan pengajaran;
g.    Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar;
h.    Mengatur pengembangan MGMP dan Koordinator mata pelajaran;
i.    Mengatur mutasi siswa;
j.    Melakukan supervise administrasi dan akademis;
k.    Menyusun laporan.
3.    Kesiswaan
a.    Mengatur program dan pelaksanaan bimbingan dan konseling;
b.    Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaabn 7K ( keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kesehatan dan kerindangan );
c.    Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi Hisbul Waton, Palang Merah Remaja (PMR), Esaha Kesehatan, Sekolah (UKS), Patroli Keamanan Sekolah (PKS);
d.    Mengatur program pesantren kilat;
e.    Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah;
f.    Menyelenggarakan cerdas, cermat olah rag prestasi;
g.    Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat beasiswa.
4.    Sarana Dan Prasarana
a.    Merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar;
b.    Merencanakan program pengadaan;
c.    Mengatur pemanfaatan sarana prasarana;
d.    Mengelola perawatan perbaikan dan pengisian;
e.    Mengatur pembukuannya;
f.    Menusun laporan.

5.    Hubungan Dengan Masyarakat
a.    Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan BP3 dan peran BP3;
b.    Menyelenggarakan bakti wisata karya wisata;
c.    Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di sekolah (gebyar pendidikan;
d.    Menyusun laporan.
6.    Guru / Teacher
Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan proses belajar secara efektif dan efisien.
Tugas dan tanggung jawab guru meliputi :
a.    Membuat perangkat program pengajaran:
1)    Program tahunan Semester;
2)    Program satuan pembelajaran;
3)    Program rencana pengajaran;
4)    Program mingguan guru;
5)    LKS.
b.    Melaksanakan kegiatan pembeljaran;
c.    Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan harian, ulangan umum, ujian akhir;
d.    Melaksanakan analisis hasil ulangan harian;
e.    Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan;
f.    Mengisi daftar nilai siswa;
g.    Melaksanakan kegiatan membimbing ( pengimbasab pengetahuan ) kepada guru lain dalam proses kegiatan belajar mengajar;
h.    Membuat alat pembelajaran/ lata peraga;
i.    Melaksanakan tugas tertentu di sekolah;
j.    Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa;
k.    Mengisi dan meniliti daftar hadir siswa;
l.    Mengumpilkan angka kredit dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya.
7.    Wali Kelas
Wali kelas membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut
a.    Pengelolan kelas;
b.    Penyelengaraan administrasi kelas meliputi :
c.    Denah tempat duduk;
d.    Papan absensi;
e.    Daftar pelajaran kelas;
f.    Daftar piket kelas;
g.    Buku absensi;
h.    Tata tertib siswa;
i.    Pembuatan catatan kusus tentang siswa;
j.    Mengisi buku laporan penilain hasil belajar;
k.    Pembagian buku laporan penilaina hasil belajar.

8.    Bagian Tata Usaha
Bagian tata usah mengurusi segala macam maslah administrasi sekolah dan perabot kepegawaian bagi karyawan dan karyawati SMK Negeri 9 Surakarta. Adapun bagian-bagian dari staf yang ada di tata usaha meliputi :
a.    Kepegawaian
Pembantu urusan administrasi Kepala Sekolah yang berhubungan dengan kepegawaian beserta administrasinya. Dalam melaksanakan tugasnya bagian ini bertanggung jawab terhadap kepala sekolah.
b.    Persuratan
Bagian ini menangani pengagendaan surat, baik menerimaan maupun pengiriman dan memintakan diposisi kepada kepala sekolah. Dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab terhadap kepala sekolah.
c.    Keuangan
Bertugas sebagai penarik iuran siswa berupa dana apapun dan meberikan laporan keuangan yang detail kepada kepala sekolah dan bertanggung jawab kepadanya.
d.    Staf Perpustakaan
Bertugas sebagai pengelola ruang perpustakaan beserta isinya membuat laporan kepada kepala sekolah dan bertanggung jawab kepadanya.
e.    Toolman
Bertugas meniapkan bahan dan alat praktik, perbaikan dan pemeliharaan alat tangan, mengecek alat praktik sebelum dan sesudah digunakan,membuat laporan kepada kepala sekolah dan bertanggung jawab kepadanya. Tugas utama adalah membantu Kepala Bengkel dan Kepala Program.
f.    Pesuruh atau penjaga
Bertugas terhadap kebersihan, ketertiban dan keamanan sekolah dan lingkungan nya serta pemeliharaan sarana da prasarana sekolah.pesuruh atau penjaga bertanggung jawab kepada kepala sekolah.
g.    Satpam/Securrity
Bertugas membuka dan mengunci pintu pagar depan, mengatur tempat parkir menjaga keamanan dilingkungan sekolah.satpam bertanggung jawab kepada kepala sekolah.

Download file klick disini


Reaksi: